Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Bersama di Kabupaten Aceh Jaya akan membangun pabrik kelapa sawit di Gampong/Desa Patek  Kecamatan Darul Hikmah, dalam upaya meningkatkan pendapatan gampong.

Direktur BUMG Bersama Aceh Jaya, Zulfahmi di Calang, Selasa, mengatakan program awalnya pengembangan BUMG Bersama tersebut adalah dengan mendirikan pabrik kelapa sawit, yang  menjadi salah satu permintaan dari para penyerta modal yakni para kepala desa.

Ia menjelaskan pabrik  tersebut akan dibangun dengan kapasitas mini yang mampu memproduksi 10 sampai 15 ton kelapa sawit per jam.

Ia mengatakan program yang digagas Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin tersebut akan mengumpulkan dana sekitar Rp21 miliar dari 172 gampong dengan rincian Rp25 juta tahun 2022 dan Rp100 juta disetor pada 2023.

Ia menambahkan uang yang telah terkumpul nantinya tidak hanya digunakan untuk pembangunan pabrik, namun uang ini menjadi jaminan di bank  karena untuk pembangunan pabrik tidak mungkin cukup dengan uang yang sudah terkumpul.

Fahmi juga menambahkan untuk saat ini pihaknya juga sedang menyiapkan sejumlah kebutuhan seperti perizinan dan juga keperluan lainnya yang dibutuhkan.

“Rencananya Maret 2023 ini kami sudah mulai melakukan pembangunan dan banyak lembaga juga yang terlibat seperti dalam pembangunan pabrik,” katanya.

Ia juga berharap dukungan semua pihak sehingga apa yang telah direncanakan dalam upaya meningkatkan perekonomian gampong di Aceh Jaya dapat terwujud.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023