Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Tiga dari empat bakal calon Wali Kota Banda Aceh yang maju pada Pilkada serentak 2017 menjalani tes atau uji mampu membaca Alquran di Masjid Agung Almakmur, Kamis.

Uji mampu baca Alquran berlangsung terbuka dan disaksikan masyarakat dan unsur pimpinan daerah.

Seorang bakal calon wali kota yang tidak menjalani uji mampu baca Alquran yakni Marniati, karena berhalangan bulanan.

Sedangkan tiga bakal calon wali kota yang menjalani uji mampu baca Alquran yakni Aminullah Usman, Hj Illiza Saaduddin Djamal, dan Tgk Adnan Beuransyah.

Selain calon wali kota, uji mampu baca Alquran juga diikuti empat bakal calon wakil wali kota, yakni Zainal Arifin, Farid Nyak Umar, Amiruddin Usman Daroy, dan Umar Rafsanjani.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh Munawar Syah mengatakan, uji mampu baca Alquran merupakan syarat yang harus diikuti pasangan bakal calon.

"Setiap bakal calon wali kota dan wakil wali kota diwajibkan mengikuti uji mampu baca Alquran. Sedangkan bakal calon yang berhalangan, akan diberikan kesempatan pada waktu yang ditentukan," kata Munawar Syah.

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh 2017-2022 digelar pada 15 Februari 2017. Pemilihan itu digelar serentak dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh dan pemilihan 19 bupati/wali kota di Provinsi Aceh.

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016