Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kota Banda Aceh berkomitmen memperkuat lembaga mukim yang membawahi beberapa gampong atau desa, sehingga pemerintahan di tingkat bawah lebih kuat lagi.

"Pemerintah kota, baik eksekutif maupun legislatif sama-sama berkomitmen memperkuat lembaga mukim," tegas Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan tersebut disampaikan Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal menghadiri pengukuhan Bukhari M Ali sebagai Imum Mukim Lam Ara dan Abdul Hamid Husein sebagai Imum Mukim Banda Jaya.

Imum Mukim Lam Ara membawahi enam gampong dan Imum Mukim Banda Raya membawahi empat gampong. Semua gampong atau desa tersebut berada di Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh.

Wali Kota menyebutkan, lembaga mukim ini hanya ada di Provinsi Aceh. Sedangkan di provinsi lainnya tidak ada. Lembaga mukim ini merupakan adat yang membawahi beberapa gampong.

Lembaga mukim, kata Wali Kota dipimpin oleh seorang imum mukim. Dan imum mukim diharapkan mampu membangun kekompakan dalam masyarakat.

"Kami juga berharap imum mukim dan lembaga mukim ini mampu menghidupkan syiar Islam di gampong-gampong," kata Hj Illiza Saaduddin Djamal.

Pemerintah Kota Banda Aceh, kata dia, terus berupaya mewujudkan Banda Aceh sebagai kota madani. Dengan kehadiran lembaga mukim ini diharapkan bisa mempercepat terwujudnya Banda Aceh sebagai model kota madani.

"Dengan kota madani, kami berharap mampu mengembalikan muruah Aceh dengan Islam. Dan kami ingin meraih kejayaan dengan Islam. Dan ini sesuai dengan misi menjadikan Banda Aceh sebagai kota madani," kata Hj Illiza Saaduddin Djamal.

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016