Meulaboh (Antara Aceh) - Sebanyak 3.872 keluarga sangat miskin (KSM) di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh mulai menerima dana bantuan program keluarga harapan (PKH) tahap III tahun 2016 dengan total anggaran Rp1,582 miliar.

Kepala Bidang Sosial pada Dinas Sosial Tenagakerja dan Transmigrasi Aceh Barat Jhon Aswir di Meulaboh, Jumat mengatakan, penyaluran sudah dimulai sejak 29-30 September hingga 1 Oktober 2016 pada dua kecamatan yakni Panton Reu dan Woyla Barat.

"Dua Kantor Pos Cabang (KPC) sudah mulai menyalurkan dana PKH sejak kemarin (29/9) dan seterusnya akan berlanjut untuk kecamatan lain. Yang sudah itu KPC Keude Aron dan KPC Suak Timah,"katanya.

Program PKH adalah pemberian uang tunai kepada rumah tangga sangat miskin (RTSM) atau KSM sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kewajiban.

Pencairan tahap pertama kepada KSM dengan kriteria ibu rumah tangga produktif seperti ibu hamil, nifas, memiliki bayi sampai dengan usia prasekolah dan anak usia SD dan SMP, kemduian untuk usia SMA dan sederajat dengan nominal dana bervariatif.

Kata Jhon Aswir, untuk jumlah KSM penerima dana PKH 2016 terus mengalami penyusutan dari data penerima tahun 2015 karena posisi masyarakat ibu rumah tangga sudah tidak produktif dan terjadi peningkatan kehidupan secara ekonomi.

"Jumlahnya semakin berkurang karena setiap bulan dilakukan verifikasi data kemudian kita laporkan pada pemerintah pusat. Pada 2015 jumlahnya sebanyak 4.303 KSM kemudian saat ini sudah berkurang menjadi 3.782 KSM," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam proses penyaluran dana PKH tahap III 2016 disediakan tiga lokasi utama yakni Kantor Pos Meulaboh, KPC Keude Aron dan KPC Suak Timah serta disediakan beberapa tempat baru yang strategis untuk memudahkan penyaluran.

Jhon Aswir merincikan untuk masing-masing penerima dana PKH memiliki jumlah nominal yang berfariasi, demikian halnya besaran alokasi dana untuk setiap kecamatan disesuaikan dengan jumlah dan kirteria penerima manfaat.

Untuk Kecamatan Panton Reu dengan penerima berjumlah 282 KSM dengan dana dikucurkan senilai Rp108,6 juta, kemudian Kecamatan Woyla Barat 370 PKH dengan alokasi Rp133,5 juta, kedua kawasan ini mendapat posisi pertama penyaluran tahap III tahun 2016 yakni 29-30 September hingga 1 Oktober 2016.

"Kemudian dilanjutkan pula di kecamatan-kecamatan lain sesuai jadwal yang telah disiapkan. Perlu diketahui selain jumlah penerima berkurang, nominal uang yang diterima juga berfariasi, memang sudah begitu ketentuannya," katanya menambahkan.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016