Kementerian Hukum HAM (Kemenkumham) Aceh beserta jajaran berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat guna mewujudkan zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani. 

"Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh Meurah Budiman di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan tersebut dikemukakan Meurah Budiman pada deklarasi janji kinerja dan penandatanganan komitmen bersama pembangunan zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani di jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh.

Meurah Budiman mengatakan dari 37 unit pelaksana teknis atau satuan kerja di Kemenkumham Aceh, baru satu yang meraih predikat zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.

"Unit kerja yang meraih predikat zona integritas tersebut yakni Kantor Imigrasi Takengon di Kabupaten Aceh Tengah. Predikat dari Kementerian PAN RB tersebut diraih pada 2021," kata Meurah Budiman.

Pada 2022, kata Meurah Budiman, jajaran Kemenkumham Aceh belum berhasil meraih zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani. Kendati belum meraih zona integritas, kualitas pelayanan tetap ditingkatkan.

"Tahun ini, kami akan berpacu dan memacu diri untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga terwujud zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani," kata Meurah Budiman.

Terkait penandatanganan zona integritas, Meurah Budiman menegaskan kegiatan tersebut bukan sekadar formalitas dan seremonial semata. Penandatanganan tersebut sebagai upaya membangkitkan semangat baru dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Meurah Budiman mengatakan penandatanganan zona integritas ini dilakukan setiap tahun. Tujuannya untuk membangun semangat baru di jajaran Kemenkumham Aceh.

"Karena itu, apa yang ditandatangani benar-benar diimplementasikan dengan sungguh-sungguh. Kami juga membuka pintu selebar-lebarnya untuk diawasi dan dikritik dengan peningkatan kinerja pelayanan jajaran Kemenkumham Aceh," kata Meurah Budiman.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023