Hasil tangkapan ikan laut yang masuk ke Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Ujong Serangga, Susoh, Aceh Barat Daya (Abdya) rata-rata 3 ribu - 4 ribu ton per bulan dengan beragam jenis kata pejabat setempat.

"Hasil tangkapan Itu belum termasuk ikan di TPI Lhok Pawoh Manggeng, Lembah Sabil Tangan-Tangan dan Suak Setia, "kata kepala kantor PPI Ujong Serangga, Susoh, Ari Gunawan di Blangpidie, Kamis

Ari menjelaskan hasil tangkapan nelayan rata-rata 3 ribu sampai 4 ribu ton/bulan tersebut khusus di daratkan melalui PPI Ujong Serangga terdiri dari 26 jenis ikan seperti tongkol, dencis, umang-umang, tuna, kembung, biji nangka, teri layur, selar dan cakalang.

Ia mengatakan berbagai jenis ikan yang didaratkan nelayan melalui PPI Ujong Serangga ini tidak hanya memenuhi kebutuhan ikan warga Abdya dan Kabupaten tetangga Nagan Raya saja. 

Hasil tangkapan nelayan Abdya itu juga dipasok ke wilayah tengah Provinsi Aceh untuk memenuhi kebutuhan ikan warga Takengon, Gayo Lues, Kuta Cane, Bener Meriah dan Sigli. 

"Sering juga dipasok ke Sumatera Utara, karena harga ikan di Abdya relatif stabil seperti jenis cencaru, tongkol dijual Rp 650 ribu satu keranjang isi 30 kg," katanya

Kemudian ikan kakap, tenggiri dan bawal laut ditampung pedagang gudang di kisaran Rp 55 ribu per kilogram.

Ia menambahkan hasil tangkapan nelayan Abdya berkurang hanya saat memasuki musim tertentu.

terang bulan. Kalau malam gelap jumlah ikan selalu membanjiri area PPI ini.

Pedagang menjaja ikan di Pangkalan Pendaratan Ikan Ujong Serangga, Susoh, Aceh Barat Daya, Kamis (26/1/2023) (ANTARA/Suprian)

"Catatan kami produksi ikan laut yang masuk melalui PPI ini rata-rata 3 ribu hingga 4 ribu ton per bulan," katanya

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023