Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Pemilihan Duta Wisata Aceh ke-10 tahun 2016 akan berlangsung di Langsa merupakan salah satu bagian untuk mendukung terwujudnya Aceh sebagai destinasi wisata halal unggulan dunia di masa mendatang kata pejabat di daerah setempat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Reza Fahlevi di Banda Aceh, Jumat mengatakan pemilihan duta wisata di provinsi ujung paling barat Indonesia itu tahun 2016 mengangkat tema Mewujudkan Aceh sebagai Destinasi Wisata Halal Unggulan"
   
"Pemilihan tema ini sangat tepat di mana Aceh telah berhasil menjadi salah satu pemenang untuk 3 (tiga) kategori dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata RI, yaitu Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik 2016, Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik 2016 dan Daya Tarik Wisata Terbaik 2016," katanya.

Ia menjelaskan tema yang diangkat tersebut juga sejalan untuk mendukung Aceh sebagai Destinasi Wisata Halal Unggulan Dunia melalui branding baru wisata Aceh "The Light of Aceh" atau "Cahaya Aceh".

Menurut dia pemilihan duta wisata yang akan berlangsung di Kota Langsa tersebut akan dimuali dari 12 sampai 16 Oktober 2016 dan dipastikan akan dihadiri juga oleh Wali Kota Langsa, Usman Abdullah.

Ia menambahkan keberhasilan yang dicapai dalam kompetisi yang diiukti Aceh tingkat nasional tersebut, tidak terlepas dari keikhlasan dan dukungan semua pihak yang telah berkenan melakukan vote dan ajakan voting secara online serta publikasi secara masif melalui berbagai media, khususnya media sosial.ÿ
   
"Keberhasilan ini juga menjadikan Aceh sebagai salah satu nominator yang akan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi internasional pada World Halal Travel Awards (WHAT) 2016 yang akan diselenggarakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA)," katanya.

Ada pun waktu voting untuk kompetisi tingkat internasional itu akan dimulai secara online pada tanggal 17 Oktober hingga 25 November 2016.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani mengatakan pada malam penobatan Duta Wisata Aceh 2016 direncanakan akan dibuka oleh Gubernur Aceh pada Sabtu, 15 Oktober 2016.

Ia mengatakan pada malam penobatan tersebut ada tiga kategori juara yang akan dinilai selain dari pasangan juara I yang nantinya mewakili Aceh untuk diberangkatkan ke Papua dalam ajang tingkat nasional Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2016.ÿ
   
Ada pun tiga kategori juara dalam pemilihan DW Aceh tahun 2016, yakni Pasangan Juara I, II, III, Pasangan Juara Harapan I, II, III dan Juara Atribut yang terdiri dari Juara Favorit, Juara Persahabatan dan juara media sosial. 


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016