Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Quantum School menyelenggarakan kegiatan market day dalam upaya mengedukasi siswa memiliki jiwa entrepreneur yang shalih dan shalihah berbasis ekonomi syariah. 

“Alhamdulillah kegiatan ini kita gelar setiap tahun di sekolah dan untuk tahun ini kita laksanakan di Plaza Aceh yang juga bagian mendekatkan langsung para siswa dengan pusat perbelanjaan,” kata Founder SDIT Quantum School, Rahman Hakim di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela pelaksanaan market Day dengan tema "financial planning for kids' yang berlangsung selama dua hari yakni tanggal 1 sampai 2 Februari 2023 yang ikut bekerja sama dengan Plaza Aceh sebagai tempat pelaksanaan kegiatan.

Ia menjelaskan Market day yang digagas tahun 2023 berbeda dari pada tahun sebelumnya, di mana pada kesempatan tersebut SDIT Quantum School ingin menginspirasi siswa merencanakan keuangan sejak dini. 

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun Generasi Cerdas Financial (GCF) dengan mengajarkan akses lembaga keuangan (Bank), akses lembaga penghimpunan dana zakat, infaq, shadaqah dan akses money changer.,” katanya.

Ia mengatakan setiap siswa mendapat kesempatan untuk menjadi pembeli dan juga penjual terhadap berbagai produk makanan dan juga kerajinan tangan yang dihasilkan para siswa di sekolah itu.

Ayah Rahman juga mengatakan sebelum bertransaksi para siswa menukarkan uang di tempat penukaran uang quantum dan selanjutnya membelanjakannya sesuai dengan nominal harga barang yang dijual dari Rp5 ribu sampai Rp50 ribu.

Ia menambahkan hasil penjualan market day akbar tersebut semuanya akan disumbangkan untuk fakir, miskin, anak yatim dan orang yang membutuhkan pada saat Charity Day Bulan Ramadhan.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023