Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menyatakan siap untuk mencari mitra yang cocok kepada para investor asal Korea Selatan yang memiliki komitmen tinggi untuk berinvestasi di daerah setempat.

“Kami memberikan kesempatan kepada investor dari Korea (The Zone. Ltd) untuk merumuskan bisnis mana yang kiranya cocok untuk dilakukan dan kami akan siapkan mitranya supaya bisnis bisa jalan dengan cepat,” kata Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin di Calang, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela Business Matching bersama investor Korea Selatan yang berlangsung di Aula lantai III Setdakab Kabupaten Aceh Jaya yang dihadiri Mr. Lee Kwang Eui yang merupakan Director of The Zone. Ltd.In dari Korea Selatan.

Ia menjelaskan untuk meningkatkan perekonomian di setiap Kawasan maka salah satu factor pendukung adanya terbangunnya kelembagaan ekonomi yang baik sehingga berbagai sector akan tergarap secara maksimal.

Ia mengatakan sesuai dengan kebijakan nasional untuk mendorong bergeliatnya perekonomian di gampong, maka Kabupaten Aceh Jaya sudah membangun Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Bersama yang di dalamnya terhimpun sebanyak 172 Gampong.

“BUMG bersama tersebut terdapat 11 anak perusahaan yang akan di persiapkan untuk berbisnis pada sector-sektor yang sesuai dengan komoditi unggulan yang ada di Aceh Jaya,”kata.

Menurut dia ketika ada investor yang ingin melakukan investasi di Aceh Jaya sejumlah investor tinggal check in dengan anak usaha BUMG Bersama tersebut, sehingga bisnis langsung cepat dan proses investasi di Aceh Jaya tidak berjalan lama.

“Terkait tata kelolanya dapat dibicarakan di dalam proses check in nantinya. Ini adalah kemudahannya,”katanya

Nurdin menambahkan selama ini ada persoalan terkait jejaring kerja, sehingga produk yang dihasilkan tidak langsung bisa dipasarkan ke pasar yang lebih luas karena terkendala di manajemen dan teknologi yang masih kurang sehingga perlu adanya kerja sama dengan perusahaan.

“Kami juga berharap perusahaan yang berbisnis di Kabupaten Aceh Jaya agar dapat melakukan transfer of teknologi dan juga untuk menerobos pasar yang lebih besar,” katanya.

Nurdin juga berharap mitra kerja dapat fokus pada pemasaran, teknologi, manajemen serta permodalan dan produksi akan dilakukan oleh masyarakat, kelompok kelompok usaha dan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG).

 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023