Sebanyak 13.005 orang warga yang berstatus fakir dan miskin yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat, pada tahun ini menerima penyaluran bantuan keuangan dari Baitul Mal yang mencapai Rp7,6 miliar.

“Ada sekitar Rp7,6 miliar lebih yang kita salurkan pada tahun 2023 ini,” kata Ketua Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat Tgk Bachtiar kepada ANTARA di Meulaboh, Senin.

Tgk Bachtiar menjelaskan dana bantuan Zakat, Infak dan Shadaqah ZIS kepada 13.005 orang penerima tersebut, terdiri dari  4.730 orang dengan status fakir dengan total bantuan sebesar Rp3,7 miliar. Artinya setiap penerima mendapat bantuan Rp800 ribu.

Baca juga: Baitul Mal Aceh Jaya kumpulkan Rp8 miliar 2022

Kemudian untuk jumlah masyarakat miskin yang akan menerima dana bantuan dari Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat sebanyak 7.306 orang, dengan total anggaran yang dikucurkan sebesar Rp3,6 miliar.

“Untuk masyarakat miskin menerima Rp500 ribu per orang atau penerima,” katanya.

Sedangkan untuk Pengurus Baitul Mal Gampong/Desa di 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat, juga turut menerima dana sebesar Rp215,9 juta dengan total penerima sebanyak 969 orang.

“Masing-masing Ketua Baitul Mal Gampong mendapatkan Rp250 ribu per orang atau penerima, dan anggota masing-masing sebesar Rp200 per orang atau penerima,” kata Tgk Bachtiar.

Baca juga: Ini jumlah dana disalurkan Baitul Mal Abdya 2022

Ia menjelaskan, dana ZIS yang disalurkan pada tahun ini merupakan dana zakat, infaq dan shadaqah yang dihimpun oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Lembaga Baitul Mal setempat.

Pihaknya mengharapkan dengan adanya penyaluran bantuan tersebut, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat kurang mampu, khususnya menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah yang akan tiba dua pekan mendatang.

Baca juga: Pengurus baru, Baitul Mal Kota Sabang diminta tingkatkan kinerja
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023