Komando Distrik Militer 0105 Aceh Barat, Provinsi Aceh menyerahkan bantuan paket nutrisi kepada masyarakat kurang mampu, sebagai upaya mencegah stunting bagi masyarakat khususnya pertumbuhan anak dan balita.

“Pemberian bantuan ini sebagai wujud implementasi mendukung program percepatan penurunan stunting,” kata Dandim 0105 Aceh Barat Letkol Inf Muhammad Syafii Nasution di Meulaboh, Kamis.

Ia mengatakan bantuan paket nutrisi tambahan tersebut merupakan bantuan dari Kepala Staf TNI Angkatan Daerah Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang juga selaku duta Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS).

Baca juga: Turunkan prevalensi stunting 14 persen 2024, ini yang dilakukan Pj Bupati Aceh Jaya

Ada pun paket nutrisi stunting yang diserahkan tersebut berupa beras, telur ayam, roti dan susu kotak.

Penyerahan bantuan secara seremonial dilakukan Kasdim 0105 Aceh Barat Mayor Inf Mazwar As'adi Riyanto didampingi Pasiter Kapten Inf Hendra Saputra, dan perwakilan Babinsa dari koramil – posramil di Aceh Barat.

Letkol Inf Muhammad Syafii Nasution mengatakan masyarakat yang mendapatkan bantuan paket nutrisi tersebut, selama ini telah mendapatkan pendataan oleh Babinsa TNI dan dijadikan anak asuh oleh Kodim maupun Koramil – Posramil.

Baca juga: Angka stunting Sabang turun dua persen

“Pemberian paket nutrisi tambahan dari Bapak Kasad ini bertujuan untuk memenuhi asupan gizi bagi anak - anak yang rentan agar terhindar dari resiko stunting,” katanya menambahkan.

Dalam penyerahan bantuan kali ini, pihak nya menyerahkan bantuan untuk masyarakat yang berasal dari Kecamatan Bubon, Kecamatan Meureubo, Kecamatan Samatiga dan Kecamatan Kaway XVI.

"Stunting merupakan fenomena kekurangan gizi yang menyasar pada anak - anak, sehingga dampaknya sangat mempengaruhi tumbuh kembang dan kecerdasan sang anak,” kata Dandim menambahkan.
Baca juga: Banda Aceh bangun IPAL skala pemukiman untuk mencegah stunting, begini penjelasannya

Sementara itu, Kasdim 0105 Aceh Barat Mayor Inf Mazwar As'adi Riyanto mengatakan penyerahan bantuan ini tidak hanya menyikapi perintah Kasad TNI, akan tetapi sebagai wujud nyata dukungan Kodim 0105 Aceh Barat untuk ikut andil menanggulangi stunting.

"Penambahan gizi Balita ini merupakan salah satu langkah strategis dalam memerangi stunting, dengan harapan kualitas tumbuh kembang anak dapat optimal dan memiliki status fisik yang baik,” katanya menambahkan.

Untuk itu, kata Kasdim, pengentasan stunting merupakan program nasional yang perlu didukung dan disukseskan secara bersama - sama agar bisa ditekan lebih rendah.

“Kepada penerima bantuan, semoga ini bermanfaat dan bisa mencukupi kebutuhan protein bagi sang anak. Jangan dilihat dari berapa nilainya, akan tetapi ini merupakan rasa kepedulian kami dari satuan Angkatan darat sesuai pilar delapan wajib TNI yakni sebagai pelopor mengatasi kesulitan rakyat," demikian Kasdim Mayor Inf Mazwar As'adi Riyanto.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023