Ratusan tenaga kesehatan (nakes) dari 17 Puskesmas di Kabupaten Aceh Tengah menggelar aksi demo di gedung DPRK guna menuntut pembayaran tunjangan khusus (TC) selama 11 bulan yang belum dibayarkan oleh Pemkab setempat pada tahun 2022.

"Hari ini kami ingin meminta keterangan. TC baru kami terima 1 bulan, 11 bulan lagi belum kami terima," kata salah seorang tenaga kesehatan Ardiansyah di Takengon.

Selain itu, para nakes juga turut mempertanyakan terkait dana bantuan operasional kesehatan (BOK) dari Kementerian Kesehatan RI yang sama sekali tidak pernah mereka terima. 

Menurut Ardiansyah, dana BOK memang diperuntukkan bagi para nakes di Puskesmas. Karena itu, dia mempertanyakan kemana dana tersebut dialihkan. 

"Setiap Puskesmas menerima dana BOK berbeda-beda, ada yang Rp800 juta, Rp700 juta, dan Rp400 juta. Yang kami tanyakan kemana dana itu dialihkan," ujarnya. 

Ardiansyah menyampaikan ada empat poin tuntutan para nakes yaitu pertama menuntut pembayaran 11 bulan TC, mempertanyakan dana BOK dari Kemenkes RI, dana jaga malam nakes di ruang rawat inap, dan uang makan minum nakes. 

Kedatangan para nakes ini akhirnya diterima Ketua Komisi D DPRK Aceh Tengah Salman di ruang sidang DPRK setempat guna melakukan audiensi dan menampung aspirasi dari para nakes.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023