Pesawat kargo Trigana Air jenis Boeing 737-300 resmi beroperasi di Bandara Rembele, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, yang bertujuan mengangkut komoditas unggulan dari dataran tinggi Gayo.

"Mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, pengiriman enam ton komoditas dari Bandara Rembele tujuan Jakarta menggunakan Trigana Air, saya nyatakan dimulai," kata Pj Bupati Bener Meriah Haili Yoga di Bener Meriah, Kamis.

Pernyataan tersebut disampaikan Pj Bupati Bener Meriah Haili Yoga pada "proving flight" atau uji operasional pesawat di Bandara Rembele. Uji operasional pesawat kargo jenis Boeing 737-300 di Bandara Rembele berlangsung sukses tanpa kendala.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung Direktur Operasi Trigana Air Beni Sumaryanto dan para pejabat daerah dari Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Tengah.

Untuk menandakan mulai beroperasinya angkutan udara di Bandara Rembele, Haili Yoga menyerahkan dokumen pengiriman barang kepada Direktur Operasi Trigana Air Beni Sumaryanto.

Haili Yoga mengatakan kehadiran pesawat kargo tersebut merupakan impian sejak lama masyarakat Gayo. Penerbangan tersebut mempersingkat jarang tempuh pengangkutan komoditas hasil bumi daerah agar dapat dipasarkan ke berbagai wilayah di Indonesia. 

"Ini adalah harapan kita bersama. Adanya pesawat kargo ini mengangkut komoditas hasil bumi masyarakat Gayo berupa kopi, alpukat, cabaie, dan lainnya," ujar Haili Yoga. 

Baca juga: Boeing hentikan sementara pengiriman jet

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023