Komandan Kodim 0105 Aceh Barat Letkol Infanteri Muhammad Syafii Nasution memberikan bantuan kursi roda adaptif kepada anak penyandang disabilitas, Wilda Arisma (10 tahun), warga Desa Pasi Masjid, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian dan rasa empati kami terutama terhadap penyandang disabilitas dengan harapan dapat membantu menciptakan kehidupan mandiri dalam aktivitas keseharian nya,” kata Dandim 0105 Aceh Barat Letkol Infanteri Muhammad Syafii Nasution dalam keterangannya di Meulaboh, Jumat malam.

Menurut dia, bantuan kursi roda ini terealisasi berkat laporan Danramil 04/Meureubo Lettu Inf Andika Trio Utama kepada dirinya, yang sebelumnya mengutus para Babinsa untuk mendata warga kurang mampu ataupun kurang secara fisik yang betul-betul patut dan layak dibantu. 

Baca juga: Dewan minta Pemko Banda Aceh realisasi bantuan sosial disabilitas, begini kata Dinsos

Kursi roda adaptif tersebut merupakan peranti yang didesain sesuai kondisi fisik dan keperluan penggunanya, sehingga akan sangat membantu mobilitasnya.

Muhammad Syafii Nasution mengatakan pemberian bantuan ini adalah sebagai upaya dari Kodim 0105 Aceh Barat untuk mewujudkan kesejahteraan sosial yang terbaik bagi penyandang disabilitas. 



Selain itu, pihaknya juga memfasilitasi rehabilitasi sosial yakni proses refungsionalisasi dan pengembangan, untuk memungkinkan agar penyandang disabilitas tersebut mampu melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar layaknya masyarakat atau anak-anak yang lain. 

"Bantuan ini merupakan wujud kepedulian kami dari Kodim 0105 Aceh Barat dan Persit KCK Cabang XXVIII, untuk meningkatkan kesetaraan serta kesejahteraan masyarakat,” kata Muhammad Syafii Nasution menambahkan. 

Menurutnya, meski memiliki keterbatasan, para penyandang disabilitas tetap berhak mendapatkan perhatian yang sama layaknya masyarakat pada umumnya. 

Baca juga: Lembaga CYDC minta Pemko Banda Aceh lahirkan regulasi pemberdayaan disabilitas

“Semoga bantuan bermanfaat dan bisa berdaya mandiri untuk kehidupan sosial bermasyarakat bagi adinda Wilda Arisma," demikian Muhammad Syafii Nasution.

M Yusan selaku orangtua Wilda Arisma mengataka mereka sangat bahagia dan terharu dengan adanya bantuan kursi roda yang langsung diantarkan oleh Dandim ke kediamannya.

"Alhamdulillah, dengan adanya kursi roda ini tentunya sangat membantu anak kami untuk melaksanakan aktivitas sehari–hari,” katanya dengan nada haru.

Ia mengatakan kursi roda tersebut memang telah lama mereka idamkan, namun karena keterbatasan ekonomi membuat mereka tidak mampu membelinya.

“Rasa syukur yang tak terhingga kami panjatkan, mudah-mudahan Allah SWT membalas kebaikan yang telah Bapak dan Ibu berikan. Bagi Kami ini merupakan berkah Ramadhan, Allah SWT telah menjawab doa kami selama ini," ujar M Yusan penuh bahagia bercampur haru.

Baca juga: Sony kenalkan pengontrol PS5 bagi penyandang disabilitas di CES 2023

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023