Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Langsa, Provinsi Aceh, mulai menyalurkan bantuan pangan berupa beras untuk masyarakat Kota Langsa di bulan suci Ramadhan hingga menyambut lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah untuk 12.173 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Penyaluran beras ini tiga tahap, ini yang tahap pertama dalam bulan suci Ramadhan sambil juga menyambut Hari Raya Idul Fitri," kata Pj Wali Kota Langsa Said Mahdum Majid usai pelepasan penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan tahun 2023 berlokasi di gudang Bulog Langsa, Rabu.

Ia mengatakan bantuan beras dari Bulog ini akan disalurkan oleh PT Pos Indonesia kepada masyarakat di lima kecamatan dengan jumlah penerima ada 12.173 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Total beras yang dibagikan sekitar 121 ton.

Baca juga: Bulog 86 ribu ton beras hasil panen petani

Pendistribusian tahap awal adalah berupa beras kelas medium kemasan 10 kg, menggunakan tiga unit truk Colt Diesel ke seluruh wilayah Kota Langsa. 

Setelah bulan Ramadhan ini, lanjut Pj Walikota Langsa, akan disalurkan kembali tahap kedua dan seterusnya sampai dengan tahap ketiga dengan total 121.000 kilogram beras per bulannya.

"Jadi mudah-mudahan kepada masyarakat penerima bantuan ini bisa bermanfaat dan berkah apalagi dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri yang akan datang," harap Said Mahdum.

Baca juga: Realisasi penyaluran beras lewat SPHP Aceh capai 13.746 ton

Pimpinan Cabang (Pincab) Perum Bulog Langsa Komerza menyatakan, Bulog Cabang Langsa selama tiga bulan ke depan akan menyalurkan bantuan beras untuk tiga daerah yaitu, Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa, dan Aceh Tamiang.

"Hari ini masih kita laksanakan di Kota Langsa, sebelum Hari Raya Idul Fitri mulai besok semua juga akan kita salurkan termasuk Aceh Timur dan Aceh Tamiang," sebut Komerza.

Pihaknya berharap mekanisme penyaluran beras semua berjalan lancar termasuk data-data penerima seperti PKH sudah dikoordinasikan dengan instansi terkait dan dinas yang membidangi masalah pangan di kabupaten/kota masing-masing.

"Untuk tiga kabupaten/kota ini ada sekitar 884 ton beras yang akan kita salurkan," jelasnya.

Hadir dalam pelepasan penyaluran beras Bulog ini di antaranya pejabat PT Pos Indonesia Kota Langsa, perwakilan Badan Pangan Nasional dan Kemensos RI serta petugas TKS Kecamatan dan warga penerima manfaat.

Baca juga: Bulog siap tampung gabah hasil petani di Aceh, berikut ini harganya

Pewarta: Dede Harison

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023