Lembaga Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat mulai menyalurkan santunan kepada 1.900 anak yatim yang tersebar di 12 kecamatan di kabupaten setempat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Besaran santunan yang diberikan sebesar Rp350 ribu per orang dengan jumlah total santunan mencapai Rp665 juta,” kata Pj Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi di Meulaboh, Ahad.

Ia menjelaskan 1.900 anak yatim yang diserahkan bantuan tersebut sebelumnya diterima dari pihak dengan dengan batasan umur maksimal 14 tahun, dan kemudian data-data tersebut dilakukan verifikasi oleh Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat.

“Semoga bantuan ini dapat meringankan dan membantu memenuhi kebutuhan anak yatim menjelang Hari Idul Fitri tahun ini,” kata Mahdi menambahkan.

Ia mengatakan sebagai wujud rasa syukur atas nikmat dan karunia Allah SWT, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berbagi kebahagiaan menjelang Idul Fitri.

Mahdi Efendi mengatakan santunan untuk anak yatim ini rutin dilakukan setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

Dengan semangat berbagi di bulan yang penuh berkah ini, pemerintah juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para Muzakki yang telah menyalurkan zakatnya pada Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang sudah mencapai nishab agar menyalurkan zakat nya kepada badan pengelola zakat resmi pemerintah.

Untuk tahap awal, penyerahan santunan secara simbolis diberikan kepada 68 orang anak yatim yang berasal dari Desa Rundeng dan Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan.

Kemudian ia juga menyerahkan santunan kepada anak yatim di Kecamatan Meureubo yaitu di Desa Meureubo sebanyak 16 orang dan Desa Ujong Tanjong sebanyak 18 orang.

“Semoga santunan ini bermanfaat, membawa kegembiraan menyambut hari raya, serta dapat membantu meringankan kebutuhan keluarga anak yatim,” demikian Mahdi. 

Baca juga: Baitul Mal Aceh Besar terima Zakat Karyawan Bank Aceh Rp90 juta

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023