PT Angkasa Pura II  Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar menyatakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia menggunakan pesawat berbadan besar rute Banda Aceh untuk mengangkut penumpang yang mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Kami memprediksikan pada hari ini, Senin (17/4) merupakan puncak arus mudik melalui penerbangan udara tujuan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar menyusul adanya perubahan jenis pesawat yang digunakan Maskapai penerbangan Garuda Indonesia,” kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Blang Bintang Aceh Besar Darmadi, Senin.

Ia menjelaskan maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengganti jenis pesawat udara berbadan sempit (narrow body) B737/800 yang melayani rute Banda Aceh ke jenis pesawat badan lebar (wide body) B777 guna mengangkut para pemudik yang pulang ke Tanah Rencong.

Ia menyebutkan untuk jumlah penumpang domestik per 16 April 2023 yang datang ke Aceh sebanyak 961 penumpang dan berangkat 837 orang dan untuk penumpang internasional yang datang sebanyak 174 orang dan yang berangkat 142 orang.

Adapun untuk total penumpang yang datang dan berangkat melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar sebanyak 2.114 penumpang yang diangkut dengan 20 kali penerbangan.

“Tingkat penumpang kedatangan ke Aceh lebih tinggi dibandingkan keberangkatan dari Aceh. Pada prinsipnya Bandara SIM siap melayani pengguna jasa bandara untuk arus mudik lebaran Idul Fitri dan sejauh ini traffic pesawat maupun penumpang masih dalam kondisi aman, lancar dan terkendali,” katanya.

Ia menambahkan dalam pemantauan aktivitas arus mudik di Bandara SIM ada dua posko yakni Posko pengamanan TNI dan Polri untuk melakukan monitoring keamanan dan posko pemantauan operasional pesawat udara dan penumpang oleh personel bandara dan pemangku kepentingan terkait.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023