Pemerintah Aceh melalui Dinas Syariat Islam menyatakan pelaksanaan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di ibu kota provinsi Aceh itu bakal dipusatkan di lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

"Insya Allah dipastikan dilaksanakan di Blang Padang besok pagi, kecuali cuaca tidak mendukung atau hujan akan dipindahkan ke Masjid Raya Baiturrahman kembali," kata Kepala Dinas Syariat Islam Alidar, di Banda Aceh, Jumat. 

Shalat Ied tersebut akan diimami langsung oleh Tgk H Zamhuri Ramli, salah satu imam Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Baca juga: Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dari Illiza Sa'aduddin Djamal untuk masyarakat Aceh

Sementara yang menjadi khatib untuk memberikan ceramah kepada jemaah salat ied nantinya adalah Tgk Syahminan yang merupakan dosen dan pernah menjabat Wakil Dekan III pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Alidar menyampaikan, pihaknya juga telah mempersiapkan segala keperluan pelaksanaan shalat Ied di Blang Padang, bahkan juga menyiagakan dua mobil tangki untuk jamaah berwudhu.

 

"Kita sudah cek arah kiblat dan memasang batasan shaf jamaah laki-laki dan perempuan serta menyediakan tempat berwudhu bagi jamaah yang lupa berwudhu atau batal wudhu ketika sampai lokasi," ujarnya. 

Karena pelaksanaan salat Ied Fitri tahun ini dilangsungkan di lapangan terbuka, lanjut Alidar, maka ia mengimbau kepada para jamaah agar berwudhu dari rumah meskipun telah disediakan di lokasi. 

Lalu, jamaah juga diingatkan untuk membawa sajadah atau perlengkapan shalat masing-masing. 

"Diharapkan jamaah yang sudah berwudhu dari rumah atau tempat terdekat dan membawa sajadah sendiri karena panitia tidak menyediakan sajadah untuk shalat besok," katanya.

Baca juga: Arus mudik landai, kenaikan penumpang Pelabuhan Ulee Lheu diprediksikan H+2 Lebaran

Sementara itu, Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman Saifan Nur menyampaikan bahwa pemindahan lokasi pelaksanaan shalat Idul Fitri tahun ini ke lapangan Blang Padang atas usul Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman.

"Itu usulan dari Imam besar dan bagus juga karena Blang Padang itu tanah wakaf dari Masjid Raya Baiturrahman dan dulunya juga bagian dari masjid ini," demikian Saifan Nur.

Baca juga: Warga Muhammadiyah Banda Aceh shalat Id Fitri di Kampus Unmuha
 

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023