Khatib Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Agung Al Munawwarah, Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Ustad Zulkarnaen mengingatkan perlunya sikap taat kepada pemimpin.

“Taat kepada pemimpin akan menjadi dasar kuat untuk terwujudnya sistem pemerintahan yang amanah,” kata Ustad Zulkarnaen  di Jantho, Sabtu.

Pimpinan Dayah Khiratul Hisan (khusus Tahfiz putri) dalam pelaksanaan Shalat Id

Fitri yang dihadiri langsung Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengulas tiga hal mendasar yakni terkait sikap taat kepada sosok pemimpin, takzim kepada ibu serta suami yang mematuhi isteri. 

“Ketiga hal itu adalah bagian dari imbauan sekaligus perintah Nabi Muhammad SAW ,” katanya.

Menurut dia taat kepada pemimpin akan menjadi dasar kuat untuk terwujudnya sistem pemerintahan yang amanah yang tentunya  didasari rasa kasih sayang tulus seorang pemimpin kepada para staf yang mendukung semua kebijakan yang berpihak untuk rakyat dan kemaslahatan daerah. 

“Pemimpin yang adil serta staf dan rakyat yang amanah adalah gerbang menuju terwujudnya sebuah kawasan yang baldatun thaiyabtun warabbun ghafur,” kata Ustadz Zulkarnaen.

Ia juga berkisah tentang keutamaan seorang ibu yang jasanya tak terbayarkan dengan apapun. Walaupun bahkan dengan menyayat bagian tubuh seorang anak sekalipun. 

“Ingat tak ada yang mampu menggantikan pengorbanan seorang ibu kepada anaknya, walau dengan memberikan semua harta bahkan nyawa sang anak,” kata  Ustad Zulkarnaen.

Setelah dari lapangan shalat Ied, acara dilanjutkan dengan open house di rumah dinas Pj Bupati dan Sekda Aceh Besar. 

Tampak warga dari seputaran Kota Jantho iku menikmati sajian berbagai makanan di acara open house itu. 

“Alhamdulillah, semua rangkaian acara berlangsung sesuai rencana. Terimakasih kepada warga yang telah berkunjung ke kediaman kami, sebagai bentuk jalinan silaturahmi yang tanpa batas dan sekat,” kata Iswanto.

Sebelumnya, pada malam lebaran, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto melepas peserta pawai takbir yang diikuti 24 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat sekitar di Halaman Masjid Al Munawarah Kota Jantho, Jumat malam. 

Dalam kesempatan itu, Muhammad Iswanto mengatakan pawai takbir malam ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Aceh Besar memaknai hari kemenangan bagi umat Islam setelah sebulan berperang melawan hawa nafsu di bulan suci Ramadhan. 

"Ini menjadi langkah Pemkab Aceh Besar memaknai hari kemenangan, mudah-mudahan lantunan takbir di malam ini menjadi ucapan kemenangan yang diridhai oleh Allah SWT atas puasa yang kita laksanakan selama satu bulan penuh," katanya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023