Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto bertekad untuk memajukan ibu kota Kabupaten itu salah satunya menjadikan daerah itu sebagai penghasil rambutan sehingga menjadi sebuah komoditas andalan khas.

“Kota Jantho dulu dikenal dengan rambutannya, di mana  komoditas ini memiliki cita rasa yang khas dan ini juga akan menambah khazanah buah buahan berkualitas di Aceh Besar,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Jantho, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela rapat paripurna DPRK Aceh Besar dalam rangka peringatan HUT ke-39 Kota Jantho yang dipimpin langsung Ketua DPRK setempat Iskandar Ali.

Ia menjelaskan beberapa hari yang lalu pihaknya telah memulainya dengan meminta jajaran Rektorat Universitas Syiah Kuala (USK) segera melakukan penelitian terkait kelayakan Kota Jantho untuk menjadi Kota Rambutan dan secara langsung akan membuat Kota Jantho akan semakin menggeliat.

“Kami mengajak semua pihak untuk kembali memperkuat dan berikhtiar menjadikan kota ini sebagai Kota Rambutan. Tentu saja semua ini perlu dengan bukti dan ikhtiar dari kita semua dan menjadi upaya yang berkelanjutan sehingga harapan Bapak Presiden menjadikan setiap kabupaten/ kota dengan komoditas andalan khas nya segera terwujud,” katanya.

Baca juga: Ini Kelompok tani di Aceh Jaya terima 14.500 bibit rambutan

Ia juga mengatakan pihaknya saat ini juga sedang menjadikan Kota Jantho sebagai Kota Olahraga dengan memberdayakan fasilitas yang telah dibangun melalui PORA Aceh Besar empat tahun silam dan menyongsong event olahraga nasional PON ke-21 Aceh Sumut.

Kemudian menjadikan Kota Jantho, sebagai Kota Pendidikan yakni dengan hadirnya kampus ISBI di Kota Jantho dan memperjuangkan agar hadirnya Kampus Regional Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Kota Jantho.

“Kami pikir itu bukan sekadar obsesi kosong, karena didukung oleh kondisi lahan, cuaca rutin serta fasilitas jalan tol yang langsung ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar. Jika ini terwujud, akan memunculkan dampak yang luar biasa,” katanya.


Baca juga: Ternyata makan rambutan banyak manfaatnya

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023