Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas melantik Azhari sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, pada Selasa (9/5).

“Pak Azhari dilantik oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta,” kata Plh Kakanwil Kemenag Aceh Ahmad Yani dalam keterangan diterima di Banda Aceh.

Sebelumnya Azhari menjabat sebagai Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kanwil Kemenag Aceh.

Pada Senin (8/5) kemarin, Kemenag RI melalui panitia seleksi mengumumkan tiga nama pejabat yang lolos seleksi calon kepala Kanwil Kemenag Aceh.

Baca juga: Kemenag Aceh Barat: Hormati perbedaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Ketiga nama tersebut yaitu Azhari yang menjabat Kabid Urais Binsyar Kemenag Aceh, kemudian Muntasyir yang menjabat sebagai Kabid Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Pontren) Kemenag Aceh dan Salman Al Farisi selaku Kepala Kantor Kemenag Aceh Barat Daya (Abdya).

Sementara itu, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas meminta agar pejabat yang dilantik untuk senantiasa menghadirkan birokrasi yang efektif dan dapat diakses dengan melakukan langkah-langkah untuk mempercepat proses transformasi layanan publik.

“Gunakan kesempatan jabatan ini untuk menciptakan kebaikan sebanyak-banyaknya. Tak semua orang diberikan kesempatan mengabdi melalui jalur birokrasi. Tunaikan tanggung jawab jabatan ini dengan totalitas melayani masyarakat,” kata Yaqut.

Ia meminta agar para pejabat tidak membiarkan organisasi tersebut berjalan apa adanya atau bahkan hanya sekadar menghabiskan anggaran. “Itu tak boleh lagi terjadi,” ujarnya.

Menag juga meminta para pejabat yang dilantik dapat melaksanakan program secara efektif. 

“Laksanakan dan gunakan anggaran dengan penuh tanggungjawab demi kemaslahatan yang lebih luas. Kita telah menjadikan digitalisasi layanan, tata kelola data dan pembinaan pegawai sebagai program prioritas,” katanya.

Baca juga: Asrama haji Aceh maksimalkan pelayanan untuk jamaah lansia

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023