Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Aceh Tengah memamerkan produk kerajinan kerawang Gayo dan komoditas kopi Gayo dalam ajang Gerakan Melayu Serumpun (Gemas) ke IV di Medan, Sumatera Utara.

Pj Ketua Dekranasda Aceh Tengah Novita Mirzuan, Rabu, mengatakan keikutsertaan pihaknya pada ajang tingkat nasional itu bertujuan untuk lebih memperkenalkan Aceh Tengah sebagai daerah kunjungan wisata. 

"Dekransda Aceh Tengah memberi ruang bagi setiap perajin menampilkan produk-produk unggulan sekaligus ajang promosi. Seperti pada kegiatan ini, kita turut memamerkan kerajinan kerawang khas Gayo dan tentunya kopi sebagai komoditas unggulan dari dataran tinggi Tanoh Gayo," kata Novita di Aceh Tengah.


Baca juga: Begini alasan penyanyi rap Snoop Dogg pilih kopi gayo Aceh untuk luncurkan brand kopi premium di AS

Ia menilai, saat ini industri pariwisata dan produk kerajinan di Aceh Tengah telah berkembang pesat, namun masih perlu adanya peningkatan di berbagai bidang termasuk promosi. 

Sejauh ini, lanjut dia, industri kerajinan dan pariwisata di Kabupaten Aceh Tengah telah berjalan dengan baik. 

“Namun masih perlu ada peningkatan dari segi produksi maupun kualitasnya, manajemen, serta keuangan nya," ujarnya. 

 

Ajang Gerakan Melayu Serumpun tersebut merupakan kegiatan industri nusantara yang menjadi program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kegiatan ini turut dihadiri langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin.

Baca juga: Harga kopi Arabica Gayo naik jadi Rp20 ribu per bambu buah merah

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023