Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur menyebutkan calon haji (calhaj) yang akan diberangkatkan 2023 asal Aceh Timur tertua bernama Miah (92) dan termuda Adinda Safira (19). 

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kementerian Agama Aceh Timur Muzakkir di Aceh Timur, Jumat, mengatakan Miah merupakan warga Desa Alue Punti Kecamatan Rantau Seulamat, Kabupaten Aceh Timur. 

"Miah mendaftar pada 2011 dengan masa tunggu 12 tahun," kata Muzakkir.

Baca juga: Kemenag distribusi 1.800 koper untuk jamaah calon haji dari seluruh Aceh

Sedangkan calon haji termuda Adinda Safira binti Abdul Kadir merupakan warga Desa Perkebunan Julok Rayeuk Utara, Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur.

"Adinda Safira merupakan porsi haji pelimpahan dari porsi almarhum ayahnya. Seharusnya bapaknya berangkat tahun ini, tetapi pada 2020 ayahnya meninggal," kata Muzakkir.

 

Muzakkir mengatakan calon haji asal Kabupaten Aceh Timur semuanya berjumlah 225 orang. Mereka tergabung dalam Kloter 10 Embarkasi Banda Aceh, yang terdiri dari Kota Banda Aceh, Aceh Tamiang dan Aceh Timur.

Jamaah calon haji Aceh Timur, kata Muzakkir, akan diberangkatkan ke Asrama Haji Banda Aceh pada 31 Mei 2023 malam dari Masjid Agung Darussalihin, Idi, dengan menggunakan bus.

“Masuk Asrama Haji pada 1 Juni 2023 sekira pukul 08.00 WIB. Jamaah calon haji Aceh Timur akan terbang ke Tanah Suci keesokan harinya melalui Bandara SIM Blang bintang Aceh Besar," kata Muzakkir.

Baca juga: Angkasa Pura II pastikan Bandara SIM siap layani penerbangan haji dari Aceh

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023