Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh bersama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memastikan bahwa seluruh peserta pelatihan di Lembaga tersebut telah terlindungi program jaminan sosial ketenagekerjaan.

“Kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan bagian untuk memberikan perlindungan kepada seluruh peserta yang sedang mengikut pelatihan di BPVP Banda Aceh,” kata Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh Rahmad Faisal di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya usai membuka pelatihan BLK Banda Aceh batch I dan III dan sosialisasi program BPJS TK sekaligus penyerahan simbolis kartu kepesertaan kepada peserta pelatihan tersebut.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan bayar manfaat kurir meninggal antar paket

Ia menjelaskan jaminan social ketenagakerjaan yang diberikan kepada 352 peserta pelatihan kompetensi non boarding tahap III, boarding dan blended tahap pertama merupakan bagian proteksi bagi para peserta yang melaksanakan aktivitas sehari-harinya di BPVP.

Menurut dia perlindungan yang diberikan tersebut sesuai dengan masa pelatihan yang diikuti oleh setiap peserta dan nantinya pihaknya berharap mereka dapat melanjutkan kembali program tersebut setelah selesai Pendidikan.
 


Pps Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Banda Aceh Syarifah Mirazona menjelaskan program kerja sama yang dilakukan bersama BPVP meliputi dua program yakni jaminan kecelakaan kerja dan  Jaminan kematian.

“Artinya seluruh peserta yang ikut pelatihan tersebut telah diproteksi lewat jaminan social ketenagakerjaan, di mana jika terjadi sesuatu dalam kegiatan tersebut maka peserta telah dicaver oleh BPJS TK,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya juga terus meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada semua pihak terhadap manfaat dan pentingnya jaminan social ketenagakerjaan kepada seluruh para pekerja di sector formal dan informal.

“Sosialisasi dan edukasi yang kita lakukan adalah bagian meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap manfaat dan pentingnya jaminan social ketenagakerjaan. Kami berharap seluruh para pekerja baik sector formal dan informal telah terdaftar dalam program jaminan social ketenagakerjaan,” katanya.

Baca juga: Ini total klaim JHT di bayar BPJamsostek Banda Aceh 2021

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023