Teguh Darmawan dan Geubrina Zikra Barizki terpilih dan dinobatkan sebagai Duta Wisata Agam Inong Aceh Selatan 2023 setelah menyisihkan 12 finalis lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan Muchsin di Aceh Selatan, Senin, mengatakan final pemilihan duta wisata tersebut berlangsung di Tapaktuan, ibu kota Aceh Selatan, Sabtu (3/6) malam.

"Pemilihan duta wisata diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan bekerja sama dengan alumni duta wisata Aceh Selatan," kata Muchsin.

Muchsin menyebutkan pemilihan duta wisata dengan dewan juri berasal dari Politeknik Aceh Selatan, Majelis Adat Aceh Selatan, alumni duta wisata dan unsur Dinas Pariwisata selaku penyelenggara.

Mewakili Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan Muchsin menyatakan daerah itu memiliki keanekaragaman daya tarik wisata yang sangat menjanjikan.

"Jika semua potensi dikembangkan secara menyeluruh dan terpadu, dapat menjadi magnet atau daya tarik tersendiri dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Aceh Selatan," kata Muchsin.

Menurut Muchsin, di era teknologi informasi yang berkembang dengan sangat cepat, setiap orang dituntut untuk mampu menghadapi persaingan di segala bidang. Tak terkecuali di bidang pengembangan dan pembangunan pariwisata.

"Untuk itu, peranan sumber daya manusia yang kompeten sangat dibutuhkan agar dapat menciptakan nuansa tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Aceh Selatan," ujarnya.

Duta wisata, kata dia, merupakan langkah strategi yang matang untuk berkelanjutan dalam membina sumber daya manusia. Duta wisata tersebut nantinya yang mempromosikan pariwisata Aceh Selatan.

Muchsin mengatakan jika berbicara pariwisata bukan hanya tentang bagaimana mendatangkan wisatawan, namun juga tentang kemampuan menciptakan citra daerah.

Pemilihan agam dan inong duta wisata, kata Muchsin, bukan sekadar penampilan keindahan fisik, kecantikan dan ketampanan serta senyuman semata. Namun, kecerdasan, jiwa sosial, serta wawasan tentang kepariwisataan dan kebudayaan.

Ia berharap sosok agam inong duta wisata hendaknya menjadi tauladan dan panutan masyarakat, khususnya generasi muda, baik dalam bertindak, berbuat, bertingkah laku maupun bertutur kata.

"Kami berharap kepada para agam inong duta wisata dapat menjalin komunikasi dan kerja sama serta hubungan baik dengan semua lapisan masyarakat dalam memajukan pariwisata daerah. Termasuk dapat mengharumkan nama daerah dalam ajang pemilihan duta wisata tingkat Provinsi Aceh," kata Muchsin.
 

Pewarta: Redaksi

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023