Komisi V DPR Aceh meminta rumah sakit milik pemerintah provinsi Aceh RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Aceh terutama di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

"Kami melihat masih ada keterbatasan pelayanan di IGD RSUD Zainoel Abidin, dan ini harus segera ditingkatkan," kata Ketua Komisi V DPR Aceh M Rizal Falevi Kirani, di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan itu disampaikan Falevi Kirani setelah melakukan inspeksi mendadak ke rumah sakit Pemprov Aceh tersebut, di mana mereka menemukan masih banyak kelemahan dari sisi pelayanannya.

Baca juga: Ketua TP PKK Aceh Selatan besuk penderita bocor jantung

Inspeksi kali ini, selain melihat pelayanan IGD, para wakil rakyat Aceh itu juga mengecek ruang farmasi, gudang obat, ruang rawat hingga tempat penyiapan makanan untuk pasien.

Hasilnya, kata Falevi, mereka masih menemukan adanya kekurangan fasilitas seperti AC, serta lamanya masyarakat yang bertahan di sana karena tidak ada kamar rawat, hingga lamanya antrean di loket farmasi (pengambilan obat).

"Memang banyak pengaduan masyarakat, maka ini menjadi atensi khusus dan kita segera meminta Pemerintah Aceh untuk memberi perhatian khusus kepada RSUDZA Banda Aceh ini," ujarnya.

 

Falevi menuturkan, pelayanan di RSUDZA Banda Aceh ini benar-benar harus maksimal, karena telah menjadi rumah sakit rujukan untuk 23 kabupaten/kota se Aceh. 

Karena itu, lanjut Falevi, temuan mereka hari ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi Pemerintah Aceh untuk segera memperbaikinya, apalagi sudah berulang kali diingatkan.

"Ini menjadi perhatian khusus dari kami, dan dalam waktu dekat ini kami akan memanggil Pemerintah Aceh terkait keseriusan mengelola dan terus membenahi RSUDZA Banda Aceh ini," kata Falevi Kirani.

Sementara itu, Direktur RSUDZA dr Isra Firmansyah menegaskan bahwa pihaknya terus membenahi pelayanan di rumah sakit provinsi Aceh itu baik antrean di loket farmasi maupun ruangan IGD.

Baca juga: Penyakit saluran pencernaan dominasi pasien di RSUD Meulaboh setelah Lebaran, ruang rawat inap penuh

Untuk antrean farmasi sendiri, kata Isra, sudah diterapkan sistem pendaftaran online, sehingga masyarakat tidak harus lagi mengantri lama di loket pengambilan.

"Kalau hari ini terjadi antrean itu hanya karena pekan lalu libur panjang, maka dari itu ada antrean. Kemudian, dalam waktu dekat juga kita perluas lagi," kata Isra.

Selain itu, lanjut Isra, terkait kekurangan AC, pihaknya merencanakan pemindahan AC dari rumah sakit lama yang bangunannya sudah tidak layak lagi. 

"Rencana lain pemindahan AC dari bangunan lama yang memang sudah tidak layak lagi, jadi AC di sana bisa kita pindah sementara," demikian dr Isra.

Baca juga: RSUD Meulaboh terbitkan 1.000 surat tes narkoba untuk P3K dan Bacaleg

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023