Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat siap menggelar uji baca Al Quran kepada 491 orang bakal calon legislatif (Bacaleg) peserta Pemilu 2024 mendatang.

“Insyaa Allah tempat uji baca Al Quran ini kita siap, lokasinya di Masjid Jamik Baiturrahim Desa Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat,” kata Komisioner KIP Kabupaten Aceh Barat Divisi Teknis dan Penyelenggara, Sabki Mustafa Habli kepada ANTARA di Meulaboh, Selasa.

Ia menjelaskan, ada pun tim penguji pelaksanaan tes tersebut terdiri dari tiga unsur diantaranya dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Barat, serta dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Aceh Barat.

Baca juga: KIP: Uji baca Al Quran bukan untuk bacaleg nonmuslim

Ada pun penilaian yang akan dilakukan oleh tim penguji kepada seluruh bacaleg peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Aceh Barat, kata dia, meliputi fasahah (fasih membaca Al Quran), Adab, serta Tajwid.

Ia mengatakan, ketentuan tersebut mengacu pada Keputusan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Nomor 37 Tahun 2023 Tentang petunjuk teknis uji mampu baca Al-Quran bakal calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRK) Kabupaten/Kota.


 

Sabki Mustafa Habli mengatakan waktu pelaksanaan uji baca Al Quran tersebut berlangsung selama tiga hari yaitu sejak tanggal 8 sampai dengan tanggal 10 Juni 2023.

Sedangkan pelaksanaan uji tersebut dimulai dari daerah pemilihan (Dapil) satu, dua hingga Dapil lima.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh bacaleg yang akan mengikuti uji kemampuan membaca Al Quran tersebut agar hadir tepat waktu dan lebih awal, mengingat nomor urut tes tersebut dilaksanakan sesuai dengan urutan registrasi masing-masing peserta.

“Bagi bacaleg yang duluan hadir dan melakukan registrasi ke panitia, maka urutannya sesuai dengan urutan registasi,” kata Sabki Mustafa Habli.


Baca juga: KIP Aceh libatkan 30 penguji tes baca Al Quran bacaleg DPRA

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023