Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh menyatakan jamaah haji asal Aceh yang telah berada di Mekkah, Arab Saudi, mulai menerima dana wakaf Baitul Asyi sebesar 1.500 riyal.

Ketua PPIH Embarkasi Aceh Azhari, Selasa, mengatakan pembagian wakaf Baitul Asyi diawali oleh calon haji Kloter 1. Informasi itu didapatkan dari Petugas Haji Daerah Kloter 1,  Umar Rafsanjani.

"Besaran dana (wakaf) yang diterima masing-masing 1.500 riyal atau sekitar Rp5,9 juta," kata Azhari di Banda Aceh.

Baca juga: PPIH: Total Rp12 miliar dana Baitul Asyi diterima jamaah haji Aceh

Calon haji Kloter 1 sebanyak 393 orang sudah menerima dana wakaf Baitul Asyi pada Senin (5/6) sore Waktu Arab Saudi, di Kantor Wakaf Baitul Asyi, Aziziyah, Mekkah.

Uang kompensasi wakaf Baitul Asyi untuk jamaah haji Aceh tahun 2023 itu diserahkan oleh Syekh Abullatif Baltou selaku nazir wakaf.

"Hari ini dibagikan untuk Kloter 2, sekitar jam 2 Waktu Arab Saudi," kata Azhari.

 


Menurut Azhari, uang wakaf Baitul Asyi dibagikan kepada semua jamaah haji yang berangkat dari Embarkasi Aceh.

Untuk bisa menerima dana tersebut, masing-masing jamaah harus memperlihatkan kartu Baitul Asyi yang dibagikan di asrama haji sebelum keberangkatan ke Tanah Suci.

Azhari juga mengatakan, jumlah dana Baitul Asyi untuk jamaah haji Aceh tahun ini sama dengan musim haji sebelumnya yakni 1.500 riyal.

"Alhamdulillah, pembagian uang wakaf Habib Bugak Asyi tahun ini masih sama dengan tahun lalu, yaitu 1.500 riyal per jamaah. Sementara tahun 2019 lalu masing-masing jamaah haji Aceh menerima 1.200 riyal," ujarnya.

Pemberian dana wakaf bagi jamaah haji Aceh ini sudah dilakukan sejak 16 tahun lalu. Ia berharap, dana ini dapat dimanfaatkan para jamaah dengan sebaik-baiknya.*


 


Baca juga: Alhamdulillah, jamaah haji Aceh terus dapat Wakaf Baitul Asyi

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023