Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mencatat terjadinya laju inflasi sebesar 2,4 persen pada Juni 2023, akibat kenaikan harga sejumlah komoditas di pasar. 

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Tengah Harun Manzola, Senin, mengatakan indeks perkembangan harga yang memicu inflasi di daerah itu terjadi pada pekan pertama Juni 2023 dengan kenaikan harga komoditi cabai merah sebagai sebagai penyumbang tertinggi laju inflasi pada indeks sebesar 1,8 persen.

"Komoditas yang memberikan andil terbesar terjadinya inflasi pada Juni 2023 di antaranya cabai merah, telur ayam ras, dan bawang merah," kata Harun Manzola.

Pihaknya, kata dia, dalam hal ini akan terus melakukan pemantauan penyebab terjadinya kenaikan harga tiga komoditas pasar tersebut. 

Kemudian, para pihak terkait, lanjut Harun, juga akan melakukan langkah-langkah untuk tetap menjaga stabilitas harga komoditas pasar demi dapat menekan laju inflasi di daerah itu. 

"Kita juga melalui Satgas Pangan akan segera melalukan pemantauan dan monitoring guna mengidentifikasi model langkah penanganan selanjutnya," ujarnya.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023