Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan secara resmi membuka pelaksanaan MTQ ke 34 tingkat Kabupaten Aceh Tengah di Lapangan Masjid Al-Kawakib, Kecamatan Bintang, Aceh Tengah, Minggu (18/6) malam. 

"Dengan diselenggarakannya MTQ diharapkan dapat mencetak para qari dan qariah baru. Kita ingin lebih banyak menciptakan teladan di tengah masyarakat, lebih banyak individu yang memahami dan mengamalkan Al Quran," kata Mirzuan.

Dia menyampaikan semangat pelaksanaan MTQ bertujuan untuk menggalakkan suasana kehidupan yang selalu berdampingan dengan Al Quran.

Menurutnya, hasil utama yang paling diharapkan dari pelaksanaan MTQ untuk dapat menumbuhkan nilai-nilai kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Karena itu, dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung gerakan pemberantasan buta huruf Al Quran di daerah dataran tinggi Gayo itu.

"Kami harapkan orangtua dapat membiasakan anak-anak kita untuk mengaji di rumah dan guru yang membimbing serta mengajarkan Al Quran di sekolah maupun di madrasah," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Mustafa Kamal mengatakan MTQ ke 34 tahun 2023 ini diikuti oleh sebanyak 354 peserta dari 14 kecamatan se kabupaten Aceh Tengah dan akan berlangsung mulai 19-21 Juni 2023.

Para peserta, kata dia, akan mengikuti sebanyak lima cabang perlombaan yakni Tilawatil Quran, Qiroah Sab'ah, Hifzil Quran, Fahmil Quran, dan Syarhil Quran.

Baca juga: Pemkab Bener Meriah utus sembilan kafilah ikuti seleksi MTQ Nasional

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023