Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe menetapkan sebanyak 133.574 jiwa sebagai daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024, yang ditetapkan melalui rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT di Kantor KIP Kota Lhokseumawe.

Ketua KIP Lhokseumawe Mohd Tasar, Rabu, mengatakan pleno terbuka tersebut menjadi pleno terbuka terakhir yang digelar sebelum berakhir masa jabatan pada awal Juli mendatang.

"Saya atas nama seluruh komisioner menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan semua pihak, baik dari pemerintah, Bawaslu, partai politik dan juga jajaran penyelenggara adhoc yang telah bekerja keras sehingga penetapan DPT bisa kita lakukan hari ini," katanya.


Baca juga: KIP Banda Aceh tetapkan 169.146 orang DPT Pemilu 2024

Sementara itu, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KIP Kota Lhokseumawe Zainal Bakri mengatakan jumlah pemilih yang tersebar di 68 desa sebanyak 133.574 pemilih dan 489 tempat pemungutan suara (TPS) terbagi atas 64.797 pemilih laki-laki, 68.777 pemilih perempuan.

Zainal menjelaskan terdapat penurunan data pemilih dari penetapan sebelumnya dikarenakan ada banyak pemilih meninggal dunia yang sudah dihapus.

“Daftar pemilih sementara (DPS) sebelumnya sebanyak 134.225 jiwa, kemudian daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) menjadi 134.028 dan sekarang DPT 133.574," katanya.


 

Dikatakan Zainal, penurunan yang signifikan tersebut disebabkan karena pihaknya telah membersihkan data pemilih meninggal, data ganda dalam negeri dan luar negeri, termasuk yang pindah domisili.

Namun demikian, kata Zainal, jika dibandingkan dengan DPT Pemilu 2019, terdapat kenaikan yang lumayan.

“Jika kita sandingkan dengan DPT pemilu sebelumnya ada perbedaan yang cukup lumayan. 2019 kita tetapkan sebanyak 130.104 pemilih dan sekarang menjadi 133.574 pemilih,” ujarnya.

Rapat pleno tersebut turut dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Lhokseumawe, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kesbangpol dan Linmas, yang mewakili Komandan Kodim 0103/Aceh Utara, para ketua partai politik serta ketua dan anggota PPK se Kota Lhokseumawe.


Baca juga: Polresta Banda Aceh siapkan pengamanan optimal pada Pemilu serentak 2024

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023