Kafilah Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih juara umum pada Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) III tingkat Provinsi Aceh tahun 2023 dengan perolehan nilai 38 yang berlangsung di Banda Aceh.

“Pemerintah Aceh memberikan dukungan penuh agar santri dayah/pesantren terus berkembang, salah satunya lewat kegiatan MQK tingkat provinsi, di mana para santri dapat berkompetisi dengan santri lainnya di seluruh kabupaten/kota,” kata Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki di Banda Aceh, Jumat malam.

Penyataan itu disampaikan di sela-sela menutup dan menyerahkan piala juara umum kepada kafilah Kabupaten Aceh Besar yang diterima Asisten I Setdakab Farhan AP di Banda Aceh.

Ia menjelaskan santri berperan penting dalam menegakkan hukum syariat di Aceh, sehingga provinsi tersebut semakin maju dan kuat dengan landasan syariat Islam.

“Para santri harus menjadi orang hebat agar Aceh menjadi negeri yang makmur dan sejahtera,’ katanya.

Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA), Tgk Muhammad Yusuf A Wahab, berharap musabaqah tersebut dapat menjadi wadah menerapkan nilai syariat yang ada dalam kitab untuk membangun peradaban yang lebih baik di Aceh.

“Setiap muslim sepatutnya menerapkan kaidah syariat dalam setiap hal dalam kehidupan. Pribadi yang sukses adalah mereka yang mampu menjalankan syariat Islam.

Menurut dia Kitab kuning yang bersumber dari Al Quran tidak hanya membahas soal ibadah, tapi juga perihal keluarga, muamalah, dan kehidupan.

Plh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Irwan menyebutkan kegiatan tersebut diikuti santri perwakilan dari 21 kabupaten/kota di Aceh dengan total 194 peserta. 

Irwan mengatakan, juara pertama dari setiap cabang lomba akan mewakili Aceh bersaing di MQK Nasional yang akan digelar di Lamongan, Jawa Timur.

Adapun cabang yang diperlombakan dalam MQK Aceh ke-3 terdiri dari 5 cabang yaitu Nawh, Akhlaq, Tafsir, Ushul Fiqh dan Tauhid. Kelima cabang lomba tersebut dibagi dalam dua kategori yaitu kategori putra dan kategori putri.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengatakan prestasi tersebut merupakan buah dari kerja keras Pemkab melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh Besar dengan menyiapkan secara matang mulai dari seleksi hingga pembinaan yaitu Training Center.

"Alhamdulillah, Kabupaten Aceh Besar berhasil keluar sebagai juara Umum pada perlombaan Musabaqah Qira'atil Kutub III tingkat Provinsi Aceh tahun 2023. Terima kasih atas pencapaian yang sangat luar biasa ini," demikian Iswanto.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023