Sebanyak 18 atlet futsal Provinsi Aceh mengikuti pemusatan latihan daerah sebagai persiapan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Ketua Asosiasi Futsal Aceh (AFA) Muhammad Zulfri di Banda Aceh, Selasa, mengatakan pemusatan latihan daerah tersebut atas prakarsa Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Aceh. Pemusatan latihan berlangsung di Sigli, Kabupaten Sigli.

"Ada 18 atlet futsal yang mengikuti pemusatan latihan daerah. Mereka dipersiapkan untuk PON 2024, di mana Aceh dan Sumatera Utara menjadi tuan rumah bersama," kata Muhammad Zulfri.


Baca juga: Atlet karate Aceh raih lima medali kejuaraan internasional di Malaysia

Ia mengatakan atlet yang mengikuti pemusatan latihan tersebut direkrut dari seleksi yang berlangsung awal Mei 2023. Mereka berasal dari kabupaten kota di Provinsi Aceh. Pemusatan latihan dengan Alfi Syahri sebagai pelatih didampingi Irwandi Mahya sebagai asisten.

"Waktu persiapan untuk PON ini cukup panjang karena target yang dibebankan dapat meraih medali. Dalam pemusatan latihan ini difokuskan fisik dan kemampuan pemain," kata Muhammad Zulfri.


 

Selain itu, Muhammad Zulfri mengatakan pihaknya juga menjajaki sejumlah pertandingan uji coba untuk melihat sejauh mana kemampuan fisik dan permainan atlet. Uji coba tersebut juga untuk menambah jam bertanding serta pengalaman atlet.

"Rencana uji coba tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Uji coba di luar negeri, rencana di Thailand. Namun, itu semua tergantung keputusan KONI Aceh sebagai pembina cabang olahraga," kata Muhammad Zulfri.

Kepada pemain, ia juga mengingatkan untuk terus meningkatkan fisik dan kemampuan selama mengikuti pemusatan latihan tersebut. Sebab, pihaknya menerapkan sistem promosi dan degradasi terhadap atlet selama pemusatan latihan berlangsung.

"Jadi, mereka yang mengikuti pemusatan latihan tersebut bisa saja digantikan atlet lainnya bila pelatihannya tidak maksimal. Semuanya, tergantung evaluasi yang dilakukan secara berkala. Semua ini dilakukan untuk meraih prestasi terbaik pada PON 2024," kata Muhammad Zulfri.

Baca juga: KONI usulkan tiga venue PON Aceh-Sumut 2024 di Kabupaten Aceh Barat

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023