Lembaga Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, menggandeng perguruan tinggi (PT) Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, dalam merekrut tenaga profesional yang berkompetensi dan berkualitas di lembaga pengelola keuangan setempat.

“Kebijakan ini dilakukan sebagai perwujudan konsep transparansi dan akuntabilitas dalam rangka pelaksanaan fungsi dan tugas Lembaga Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya,” kata Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Firdaus dalam keterangannya kepada ANTARA, Selasa.

Ia mengatakan, dasar hukum konsep transparansi dan akuntabilitas tersebut sebagaimana diamanahkan dalam Qanun Aceh Nomor 3 thn 2021 Tentang Baitul Mal atas perubahan Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2018.

Baca juga: Baitul Mal Nagan Raya terima zakat profesi dari Polres

Berkaitan dengan hal dimaksud, kata Firdaus,pihaknya telah menggelar pertemuan dengan Rektor UTU Meulaboh, Aceh Barat, agar mengutus tim penguji dalam rangka proses rekruetmen tersebut.

“Alhamdulilah nama- nama penguji sudah kami terima melalui surat Rektor Universitas Teuku Umar yang ditandatangani oleh Wakil Rektor II Prof Dr Nyak Amir, MPd,” katanya menambahkan.

 


Untuk diketahui, Pemerintah Kab. Nagan Raya telah melakukan MOU dengan Universitas Teuku Umar dalam beberapa aspek termasuk dalam konteks pengembangan sumber daya manusia seperti proses rekrutmen ini.

Ada pun lokasi ujian tulis dalam bentuk Computer Asisten Test di lakukan di Laboratorium Teknologi Informasi Komputer Universitas Teuku Umar. 

Bagi peserta yang dinyatakan lulus CAT maka akan mengikuti proses Fit and propertest yang juga akan di lakukan oleh Tim di Universitas Teuku Umar.

“Sekretariat Baitul Mal Nagan Raya menerima hasil  proses yang dilakukan oleh Tim Penguji yang sifatnya final dan tetap, artinya tidak bisa diganggu gugat,”

Menurutnya, bagi peserta yang dinyatakan memenuhi kriteria  tersebut selanjutnya akan di usulkan kepada Bupati Nagan Raya untuk diangkat sebagai Tenaga Profesional Baitul Mal Nagan Raya.  

Firdaus mengatakan, Baitul Mal Nagan Raya mengharapkan tahapan proses rekrutmen ini akan selesai di akhir Juli 2023, dan diharapkan berhasil merekrut  tujuh orang tenaga profesional dalam memaksimalkan pengelolaan zakat, infak, wakaf dan sedekah.


Baca juga: Baitul Mal Aceh salurkan Rp27,5 miliar dana zakat ke warga

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023