Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Benda mencurigakan yang diduga bom rakitan ditemukan di Desa Meunasah Blang Kandang, kecamatan Muara Dua, Kotam Lhokseumawe, Provinsi Aceh.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman melalui Kabag Ops Kompol Ahzan, kepada wartawan membenarkan temuan benda yang diduga mirip bom tersebut, pada Jumat pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

Lanjutnya, sebelumnya pihak kepolisian menerima informasi dari seorang warga, yang mengatakan bahwa terdapat sebuah benda mencurigakan di wilayah setempat yang mirip seperti bom rakitan.

Benda dimaksud ditemukan di Jalan Meunasah Blang, tepatnya di samping terminal bus Lhokseumawe yang belum diresmikan. Setelah mendapat informasi dimaksud, pihaknya langsung menindak lanjutinya dengan melakukan pemasangan police line di lokasi dan mendatangkan petugas penjinak bom dari Kompi B Brimob Jeulikat, jelas Kompol Ahzan.

Menurut keterangan dari warga yang melaporkan temuan benda aneh tersebut, bahwa keberadaan benda yang berbentuk silinder dengan ukuran diameter sebesar kaleng susu tersebut, sudah berada di lokasi sejak malam hari, ungkap Kompol Ahzan.

Namun berdasarkan hasil pemeriksaan oleh pihak Jibom, benda yang diduga bom tersebut hanya berisi saringan oli yang dilakban dan dirangkai dengan kabel, sehingga tampak seolah-olah seperti bom.

"Barang yang diduga bom tersebut, hanya provokasi atau menakut-nakuti saja. Setelah diperiksa ternyata saringan oli kendaraan dan serangkaian kabel yang dilakban," terang Kompol Ahzan.

Sementara itu, sebelumnya pada hari Kamis, masih di wilayah hukum Polres Lhokseumawe, warga di Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, menemukan satu unit mortir  aktif yang diduga sisa peninggalan masa konflik Aceh.

Benda berdaya ledak tersebut, ditemukan oleh warga di halaman rumahnya saat sedang membersihkan halaman rumah.  Tiba-tiba melihat benda logam yang berbentuk  peluru. Kemudian temuan tersebut diserahkannya ke Polsek Sawang.

Oleh pihak polisi setempat, benda itu langsung diamankan dan menghubungi pihak Tim Jibom Brimob Jeulekat Lhokseumawe, serta segera dilakukan pengamanan dan juga evakuasi benda tersebut.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017