Warga Gampong Mesjid, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengeluhkan jalan antar pedesaan di daerah mereka alami kerusakan akibat lintasan kendaraan pengangkut material proyek.
 
Salah seorang warga Gampong Masjid, Abdya, Al Qadri kepada wartawan, Minggu, menjelaskan truk pengangkut material melintasi jalan pemukiman penduduk tersebut berdampak pada berem jalan rusak serta tanggul pengamanan badan jalan juga roboh. 
 
Kata dia, kondisi kerusakan berem dan tanggul pengaman badan jalan antar desa tersebut terjadi sejak beroperasinya truk pengangkut material untuk proyek pekerjaan jalan di wilayah tersebut dikerjakan oleh pihak rekanan. 
 
"Dibangun jalan tempat lain, jalan yang sudah ada malah rusak akibat lalu lalang truk pengangkut material, " kesal Qadri. 

Baca juga: Presiden Jokowi dapat aduan jalan rusak di 7.400 lokasi dari medsos, di Aceh ada?
 
Ia berharap kepada pihak rekanan proyek agar tidak mementingkan pribadi dengan cara mengangkut material dengan truk ukuran besar tanpa memikirkan dampak buruk terhadap lingkungan setempat. 
 
"Jalan disini sempit, tentu kapasitas kendaraan pun terbatas. Rekanan harusnya jangan truk besar digunakan untuk angkut material," tuturnya
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Kadis PUPR) Abdya melalui Kabid Bina Marga, Andi Setia Putra kepada wartawan membenarkan adanya keluhan warga terkait adanya kerusakan badan jalan dampak dari lintasan truk pengangkut material itu. 
 
"Kita sudah sampaikan ke pihak rekanan dan bahkan sudah duduk dengan pihak Gampong Masjid bahwa jalan yang rusak itu diperbaiki oleh rekanan setelah pekerjaan proyek selesai,"katanya menambahkan
 
Setelah mendapat adanya keluhan warga dan kerusakan jalan, pihak PUPR Abdya langsung memerintahkan pihak rekanan untuk tidak mengunakan lagi truk besar dalam mengangkut material proyek pengaspalan jalan di kawasan itu. 
 
"Sekarang rekanan tidak lagi mengunakan truck besar. Sudah kami perintahkan harus mengunakan truck kecil dalam mengerjakan proyek tersebut, " katanya
 
 
 
Baca juga: Presiden Jokowi tinjau jalan rusak di Terusan Ryacudu Lampung yang viral

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023