Blangpidie (ANTARA Aceh) - Komandan Kodim 0110 Aceh Barat Daya (Abdya), Letkol Inf Puji Hartono mengimbau kepada petani mau menanam padi varietas lokal "Sigupai" (oryza sativa) karena keuntungannya sangat menggiurkan.

"Ke depan, saya mau ajak masyarakat petani untuk memanfaatkan semua lahan kosong dengan menanam padi varietas Sigupai, karena keuntungannya sangat besar," katanya saat dihubungi di Blangpidie, Rabu.

Dandim Puji menyampaikan pernyataan tersebut usai pihak Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Abdya yang dipimpin oleh Muslim Hasan meninjau demplot padi varietas Sigupai yang dikembangkan secara pribadi di Desa Ladang, Kecamatan Susoh, Selasa (24/1).

Tanaman padi lokal yang dikembangkan oleh Dandim Puji Hartono yang saat ini sudah memasuki musim panen tersebut merupakan contoh agar para petani mau membudidayakan kembali padi lokal yang dahulunya pernah dikembangkan secara tradisonal, sehingga menjadikan varietas tersebut sebagai ikon Abdya.

"Demplot padi Sigupai itu sebetulnya contoh, karena saya ingin mengajak masyarakat petani untuk menanam padi varietas ini, tetapi saya awali terlebih dahulu sebagai percontohan, sehingga Kabupaten Abdya ini menjadi ikon Sigupai," katanya.

Puji Hartono mengaku sangat menghargai petani Kabupaten Abdya karena selama ini mereka telah gigih dan patuh terhadap pemerintah untuk mengikuti program tanam padi secara serentak pada musim tanam rendengan 2016 dengan hasil panen yang sangat memuaskan.

"Alhamdulillah, hasil panen padi petani kita tahun ini sangat memuaskan, yakni mencapai angka rata-rata 8,6 ton per hektare sebagaimana hasil ubinan yang dipetik oleh pihak Dinas Pertanian Abdya," katanya.

Kata dia, tingginya hasil panen padi yang diperoleh petani Abdya pada musim panen tahun ini tidak terlepas berkat kerja keras masyarakat dan kegigihan petani serta didukung oleh semua pihak, sehingga program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah bisa tercapai.

"Panen padi di Abdya saat ini sudah mencapai 35 persen dan dalam waktu dekat ini saya akan segera melakukan konsultasi dengan Kepala Dinas Pertanian Abdya untuk menentukan jadwal tanam padi pada musim tanam gadu 2017," ujarnya.

Pewarta: Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017