Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Provinsi Aceh, Fitriany Farhas melantik dan melakukan pengambilan sumpah Pergantian Antar Waktu (PAW) tiga anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten setempat periode 2019-2024, di Anjungan Pendapa Bupati di Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

“Kami mengucapkan selamat kepada para anggota KIP yang baru saja dilantik sebagai penyelenggara pemilihan umum Kabupaten Nagan Raya,” kata Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas di Suka Makmue, Senin.

Tiga orang anggota KIP Nagan Raya yang dilantik tersebut diantaranya Arif Budiman M.Pd, Rusli Gam, serta Hj Desi Astuti.

Baca juga: KPU RI minta KIP Aceh sesuaikan agenda untuk sukseskan Pemilu serentak 2024

Ketiganya dilantik berdasarkan Keputusan Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 926 Tahun 2023 tentang Pengangkatan Anggota KIP Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh Periode 2019-2024.

Seperti yang diketahui, KIP Nagan Raya mengalami kekosongan komisioner setelah Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia setelah dua orang komisioner sebelumnya masing-masing Muhammad Yasin dan Syahrul Iman diberhentikan oleh DKPP Republik Indonesia pada tanggal 5 Mei 2023 lalu.

 

Keduanya diberhentikan karena terbukti melanggar kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu.

Sedangkan satu komisioner lainnya yaitu Muhajir Hasballah mengundurkan diri dari KIP Nagan Raya, karena mencalonkan diri sebagai Bacaleg dalam Pemilu 2024 mendatang.

Selain itu, DKPP juga menjatuhkan peringatan keras kepada komisioner KIP Nagan Raya yaitu Mizwan Nur dan Muhajir Hasballah dengan perkara Nomor 31-PKE-DKPP/II/2023 dan perkara Nomor 42-PKE-DKPP/II/2023.

Pada kesempatan ini, Pj Bupati Nagan Raya, Aceh Fitriany Farhas berharap kepada anggota KIP Nagan Raya, agar tetap memegang prinsip transparansi dan integritas, dalam rangka melaksanakan tugas dan menyelesaikan tahapan-tahapan pemilu sesuai dengan jadwal tahapan yang sudah tersusun secara sistematis.

"Kemudian juga dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan asas dan prinsip pemilihan serta aturan yang berlaku demi menuju pemilu yang berkualitas," katanya menambahkan.

Ia berharap agar para penyelenggara pemilu di Nagan Raya, Aceh, dapat bekerja sama dengan baik dalam koridor regulasi yang telah ditetapkan, saling berkoordinasi baik intern maupun ekstern, karena tanpa adanya kerja sama maka tidak akan dapat mencapai hasil yang maksimal. 

Fitriany mengatakan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya siap menyukseskan agenda Pemilu dan menciptakan penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Pilkada 2024 yang aman, jujur dan adil. 


Baca juga: Pj Gubernur minta KIP pahami aturan berlaku khusus di Aceh saat Pemilu 2024

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023