Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes M Iqbal Alqudusy mengapresiasi tiga anggotanya yang menangkap pencuri emas di Kota Banda Aceh.

"Saya mengapresiasi ketiganya. Apa yang mereka lakukan adalah wujud polisi lalu lintas di Aceh, hadir di tengah masyarakat dalam menjamin keamanan," kata Iqbal di Banda Aceh, Rabu.

Sebelumnya, Bripka Dena, Ipda Rahmad, dan Briptu Eko menangkap pencuri emas pada Selasa (15/8).


Baca juga: Polda Aceh mulai terapkan materi baru ujian praktik SIM, lintasan baru huruf S

Mantan Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah itu juga mengatakan, selaku pimpinan dirinya akan memberikan penghargaan atas dedikasi dan kepedulian anggotanya kepada masyarakat.

Di samping itu, Iqbal juga berterima kasih kepada masyarakat yang begitu cepat melaporkan kejadian tersebut, sehingga bisa cepat ditangani dan menangkap pelaku.

"Terima kasih, masyarakat sudah melaporkan kejahatan yang dialami dengan cepat tanpa ragu-ragu. Ini merupakan salah satu bukti, bahwa kepercayaan masyarakat terhadap Polri makin meningkat," ujarnya.

Perwira menengah Polda Aceh itu membeberkan kronologi penangkapan. Saat itu, ketiga polisi tersebut sedang patroli di seputaran Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

Mereka menerima laporan dari korban atau pemilik Toko Emas Dinar bahwa telah terjadi pencurian emas yang diduga dilakukan seorang wanita dan dua pria menggunakan mobil merah.

Menerima laporan tersebut, kata Iqbal, anggotanya itu langsung memancarkannya ke jajaran Satlantas Polresta Banda Aceh untuk memonitor pergerakan mobil dengan identitas yang disampaikan korban.

Selain itu, sambungnya, seorang anggotanya itu juga melacak rekanan rental untuk mendeteksi kepemilikan mobil yang digunakan pelaku. Mobil tersebut diketahui miliki MH, pengusaha rental.

MH menyebutkan mobil digunakan pelaku adalah mobil miliknya. Pelaku juga menelepon ingin menukar dengan mobil lain, dengan alasan ingin membawa keluarga.

"Para pelaku berencana menukar mobil rentalnya. Akan tetapi, anggota kami cepat ke lokasi dan menangkapnya. Setelah itu, anggota saya menghubungi Polsek Baiturrahman untuk menjemput para pelaku," pungkas Iqbal.

Baca juga: Lintasan 8 ganti huruf S, Ditlantas Polda Aceh terapkan materi baru ujian praktik SIM C

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023