Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Provinsi Aceh, menggelar aneka perlombaan pada pesta rakyat di Kompleks Perkantoran Suka Makmue, sebagai upaya menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pesta rakyat ini diadakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan,” kata Penjabat Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas dalam keterangannya diterima, Jumat.

Ia menyebutkan pesta rakyat tersebut digelar untuk menggerakkan perekonomian masyarakat, sekaligus membangkitkan UMKM di Kabupaten Nagan Raya.

Adapun perlombaan yang digelar pada ajang pesta rakyat tersebut meliputi panjat pinang, panjat pinang kemiringan 45 derajat, lomba tangkap bebek, perang bantal, serta lainnya.

Fitriany mengharapkan pesta rakyat tersebut juga sebagai upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap tanah air. Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai nasionalisme bagi masyarakat, termasuk generasi muda.

Sekretaris Daerah Kabupaten Nagan Raya Ardimartha berharap dengan adanya perayaan tersebut mampu memberikan semangat masyarakat dan ASN untuk terus bersama-sama memajukan Kabupaten Nagan Raya.

"Semoga dengan kegiatan ini mampu memberikan ruang gerak kepada masyarakat dalam mengekspresikan diri melalui permainan rakyat, seni budaya dan tradisi kesenian daerah," katanya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023