Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Harga berbagai jenis buah-buahan segar impor di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh mulai menurun seiring lancar pasokan ke sejumlah pedagang buah di daerah ini.

Salah seorang pedagang buah di Pasar Buah Lhokseumaee Ridwan, Kamis, mengatakan bahwa berbagai jenis buah impor harganya tidak terlalu melonjak lagi seperti beberapa waktu sebelumnya.

"Sekarang untuk jenis buah pear madu harganya berkisar antara Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram. Sedangkan sebelumnya harganya sempat melambung tinggi mencapai Rp80 ribu/kg," ujarnya pula.

Selain itu, untuk beberapa jenis buah-buahan impor lainnya juga telah kembali stabil harganya, seperti apel merah Rp40 ribu/kg, anggur merah Rp80 ribu/kg, dan anggur hitam Rp100 ribu/kg.

Penyebab penurunan harga buah-buahan impor itu, menurut pedagang tersebut, dikarenakan lancar pasokan sehingga harganya juga tidak melonjak seperti beberapa waktu sebelumnya.

Sementara itu, berbagai jenis buah-buahan lokal harganya masih stabil, seperti jeruk berastagi dengan kualitas terbaik dijual oleh pedagang dengan harga Rp25 ribu/kg, salak sidempuan Rp15 ribu/kg, dan berbagai jenis mangga lokal yang berkualitas dijual oleh pedagang dengan harga Rp25 ribu/kg.

Sedangkan untuk jenis buah-buah lokal yang bersifat musiman, harganya sedikit melonjak karena terbatas stok, seperti rambutan harganya Rp13 ribu per ikat, langsat dan buah lokal lainnya harganya di atas harga rata-rata pada saat sedang musim.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017