Bunda Pendidikan Usia Dini (PAUD) Aceh Ayu Marzuki menyatakan orang tua dan sekolah memiliki peranan penting dalam menyukseskan transisi PAUD ke sekolah dasar (SD) yang menyenangkan.
 
"Suksesnya transisi PAUD-SD bukan semata memastikan kesiapan anak, tetapi orang tua dan sekolah juga harus mempersiapkan diri," kata Ayu Marzuki di Banda Aceh, Jumat.
 
Di sele-sela Rapat Koordinasi Penguatan Pokja Bunda PAUD Kabupaten/Kota tahun 2023, Ia menjelaskan ketiga elemen tersebut merupakan sebuah kesatuan yang akan menjamin suksesnya transisi PAUD-SD yang menyenangkan.
 
Menurut dia seluruh bunda Paud harus menyampaikan dan mensosialisasikan pada para Bunda pengajar PAUD di daerah, untuk memahami bahwa literasi bukan semata baca, tulis dan hitung.
" Baca tulis hanya variabel dalam literasi karena di sana ada visualisasi, analisa, imajinasi bukan sekedar baca tulis dan hitung," katanya. 
 
Ia mengatakan tes Calistung ditiadakan dan tidak diperbolehkan lagi, karena selain membebani anak usia dini, literasi yang hanya fokus pada calistung, justru akan mengikis kemampuan analisa dan imajinasi anak-anak.
 
Ayu Marzuki juga menyampaikan tentang pentingnya enam Kemampuan Pondasi dalam Penguatan Transisi PAUD-SD yakni mengenal nilai agama dan budi pekerti, matang kognitif, matang emosi, keterampilan sosial. keterampilan motorik dan perawatan diri untuk belajar mandiri. 
 
Ia juga berharap para orang tua dapat membantu anak-anak memahami hubungan relasi yang lebih luas, menjelaskan kepada anak tentang pengalaman baru memiliki teman baru dan guru baru, serta bagaimana berinteraksi dengan mereka, serta menyampaikan kepada anak bahwa guru di sekolah adalah pengganti orang tua selama di lingkungan sekolah, sehingga orang tua mendorong anak untuk selalu bertanya dan meminta bantuan apabila mereka mengalami kesulitan di sekolah. 
 
Baca juga: Nagan Raya gencarkan sosialisasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023