Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Aceh mengimbau masyarakat untuk dapat menggunakan pinjaman online (Pinjol) resmi yang telah terdaftar sehingga tidak terjebak dengan pinjaman pinjol ilegal.

“OJK telah menerbitkan daftar fintech lending atau pinjol berizin yang dapat diakses oleh masyarakat yang membutuhkan pembiayaan secara online sehingga masyarakat dapat mengetahui fintech yang aman dan legal,” kata Kepala OJK Aceh Yusri di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan untuk menekan angka masyarakat terjebak dengan pinjol ilegal salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan literasi yang memadai terkait operasional fintech dan mempertemukan pemberi pinjaman dan peminjam melalui platform aplikasi yang mencerminkan bahwa masih banyak masyarakat di Aceh yang membutuhkan akses permodalan, dan fintech menjadi sumber dana alternatif yang mudah dijangkau saat ini.

Ia mengatakan saat ini terdapat 102 fintech yang berizin di OJK dan di antaranya terdapat tujuh fintech yang melakukan aktivitas berdasarkan prinsip Syariah, sehingga masyarakat Aceh dapat mengakses fintech Syariah.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat Aceh agar peminjaman dana melalui fintech dilakukan untuk kebutuhan modal kerja atau bersifat produktif,” katanya.

Menurut dia Implementasi Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) telah memberikan kewenangan kepada OJK untuk melakukan penindakan hukum terhadap aktivitas investasi tanpa izin.

Kemudian OJK juga memiliki kewenangan melakukan pengawasan terhadap perilaku PUJK (market conduct), salah satunya adalah melakukan pengawasan terhadap produk PUJK yang ditawarkan kepada masyarakat melalui iklan agar menjadi lebih transparan sesuai dengan karakteristik produk jasa keuangan.

Lebih detail ia menjelaskan bahwa fintech legal, hanya diijinkan mengakses data ponsel nasabah terbatas pada CAMILAN yaitu kamera, mikrofon, dan lokasi.

“Kami juga berharap masyarakat dapat memastikan terlebih dahulu fintech lending tempat peminjaman tersebut sudah terdaftar dan memperoleh izin dari OJK sebelum mengambil pembiayaan, caranya dengan mengakses kontak OJK 157, whatssapp 081 157 157 157 atau email ke konsumen@ojk.go.id” katanya.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Aceh mencatat penyaluran pinjaman fintech peer to peer lending (pinjaman online) yang terdaftar dengan identitas nasabah dari Aceh sebesar Rp1,9  triliun sejak awal pinjaman online tersebut diizinkan dengan outstanding (baki debet) pembiayaan posisi Juni 2023 sebesar Rp116 miliar atau tumbuh 4,63 persen dari posisi Mei 2023 sebesar Rp111 miliar.

“Jumlah nasabah yang menggunakan jasa pinjaman daring masyarakat dengan identitas dari Aceh terus meningkat dari tahun ke tahun dengan akumulasi pembiayaan sejak awal fintech sampai dengan Juni 2023 mencapai Rp1,9 triliun, namun baki debet pinjaman sebesar Rp116 miliar. Akumulasi pembiayaan pinjol terkesan besar karena jangka waktu pinjaman pada pinjol lazimnya pendek dan kurang dari setahun, tapi jika dilihat dari baki debet pinjol masih tergolong wajar,” kata Yusri.

Baca juga: Gubernur Aceh minta BAS jaga UMKM dari bahaya Pinjol

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023