Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya melepas peserta gerakan peduli lingkungan “The Rising Tide Resonance” di lapangan Blang Padang Kota Banda.

“The Rising Tide Resonance adalah gerakan yang berfokus mendorong kerja sama multi organisasi yang dapat menumbuhkan kontribusi untuk lingkungan yang berkelanjutan di Indonesia,” kata Pangdam IM di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan kegiatan yang digelar tersebut merupakan bagian mendukung kebijakan pemerintah terkait persoalan lingkungan hidup yang ada di Indonesia dan sekaligus dalam rangka menyambut HUT ke-78 TNI tahun 2023.

Ia mengatakan kegiatan tersebut mulai tanggal 1 September 2023 dengan titik Start di KM Nol di Sabang, yang nantinya akan finish tanggal 5 Oktober 2023 saat Puncak HUT TNI di Silang Monas Jakarta.

Para peserta akan menempuh waktu selama 35 hari dengan jarak sepanjang 3.141 KM untuk sampai ke Jakarta, dilalui secara triatlhon dengan berlari,  bersepeda dan berenang, para peserta juga akan  melewati seluruh Satuan Kewilayahan TNI.

Kegiatan tersebut juga dalam rangka menyampaikan pesan untuk "Stop Wariskan Sampah" dan bentuk suatu Platform yang menjadi kebersamaan dari semua pihak, sehingga persoalan lingkungan hidup dapat ditangani dengan baik.

Ia mengatakan kegiatan tersebut melibatkan peserta dari tiga unsur Matra TNI, mulai dari Matra Darat, Laut dan Udara dan bersama-sama dengan komponen masyarakat pecinta dan pemerhati lingkungan.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023