Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menjadikan kegiatan  Trail Adventure Kemerdekaan RATA – 5 dengan menempuh jarak sepanjang 78 kilometer sebagai salah satu ajang mempromosikan kawasan wisata di daerah itu.

“Kegiatan ini merupakan bagian memperkuat silaturahmi dengan seluruh rider yang datang dari seluruh kabupaten/kota dan menjadi ajang promosi kawasan wisata di Aceh Besar,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Blang Bintang, Sabtu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela melepas sebanyak 500 peserta Trail Adventure Kemerdekaan RATA – 5 di Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang.

Ia menjelaskan para rider dari berbagai daerah yang ikut ambil bagian dalam RATA ke-5 tersebut dapat menikmati pesona alam Aceh Besar yang akan dilalui sepanjang 78 KM tersebut. Adapun track yang akan dilalui para rider tersebut yakni Blang Bintang menuju Jantho.

“RATA – 5 yang kita selenggarakan ini juga merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke 78 RI, karena berbagai hal dan kondisi, akhirnya event trail kemerdekaan diundur pada hari ini,” katanya.

Ia berpesan agar para rider menikmati jalur trabas yang disediakan oleh panitia dengan penuh perhitungan keselamatan, karena pada jalur menuju Jantho ada berbagai macam rintangan dan game yang disediakan oleh panitia.

“Ada jalur open gas, dimana para rider membuka gas sikuda besi dengan bebas, juga ada jalur enduro, di mana jalur ini ada tanjakan, sungai dan berbagai rintangan, jadi, tetap hati-hati dan utamakan keselamatan,” katanya.

Ketua Panitia Abdullah mengatakan chek poin pertama di garis start ini, check poin kedua di daerah Maheng Kecamatan Indrapuri, rencananya di sana peserta akan istirahat sebentar dan setelah itu melanjutkan ke chek poin selanjutnya di Kota Jantho.

Adapun hadiah yang disediakan ada paket umrah, selanjutnya ada 2 unit motor, lemari es, TV dan ratusan doorprize menarik lainnya.

Muhammad Iswanto bersama unsur Forkopimda setempat ikut menyusuri rute tersebut dengan bergabung menjadi rider dalam kelas eksekutif.

Baca juga: Pemkab Aceh Timur kukuhkan pokdarwis jadi penggerak pariwisata

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023