Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga mengukuhkan kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang akan menjadi penggerak pariwisata di daerah itu 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur Syahril di Aceh Timur, Jumat, mengatakan pembangunan sektor pariwisata memerlukan dukungan dan keterlibatan semua pemangku kepentingan, di antaranya peran masyarakat.

"Pemerintah daerah membutuhkan peran masyarakat sebagai motor penggerak pariwisata. Karena itu, kami mengukuhkan kelompok sadar wisata di Gampong Alue Nyamok, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur," kata Syahril.

Gampong Alue Nyamok memiliki destinasi wisata Air Terjun Sendang Sari. Destinasi wisata alam tersebut kini semakin ramai dikunjungi wisatawan baik dari Aceh Timur, maupun daerah lainnya di Aceh.

Syahril menjelaskan pengembangan desa wisata beserta kelompok sadar wisata merupakan model pembangunan pariwisata yang mengolaborasikan fungsi pemberdayaan masyarakat sebagai pelaku.

Pengembangan pariwisata juga sebagai upaya untuk melestarikan dan memberdayakan potensi keunikan dan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di tengah masyarakat guna meningkatkan perekonomian.

"Kearifan lokal menjadi kunci masyarakat yang bermartabat, sehingga pengembangan desa wisata tetap memegang nilai-nilai luhur masyarakat desa," katanya.

Ia mengapresiasi aparat dan masyarakat Gampong Alue Nyamok yang telah membentuk kelompok sadar wisata. Dengan harapan, kelompok tersebut menggerakkan potensi pariwisata yang ada.

Syahril mengharapkan Gampong Alue Nyamok menjadi pilot proyek pengembangan desa wisata di Kabupaten Aceh Timur yang mampu menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Kami berharap pembentukan desa wisata dan kelompok sadar wisata sebagai motor penggerak berdampak kepada pertumbuhan dan peningkatan perekonomian masyarakat," kata Syahril.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023