Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melakukan transaksi pembelian produk UMKM daerah mencapai Rp4 miliar sepanjang Januari-Agustus 2023.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Aceh Tengah Anshry, Kamis, mengatakan saat ini sejumlah produk UMKM daerah sudah mengisi etalase pada e-Katalog lokal Pemkab Aceh Tengah dan sudah banyak menarik minat berbagai pihak untuk melakukan transaksi. 

"Terhitung dari Januari sampai Agustus 2023 Pemkab Aceh Tengah telah melakukan transaksi dengan pelaku UMKM sebesar Rp4 miliar lebih, bahkan Kementerian Pertanian RI melakukan transaksi pengadaan sebesar Rp1 miliar melalui e-Katalog kita," kata Anshry di Aceh Tengah.

Baca juga: Pemkab Aceh Tengah sosialisasikan e-katalog kepada UMKM

Ia menjelaskan, berbagai produk UMKM yang saat ini telah mengisi etalase pada e-Katalog lokal Pemkab Aceh Tengah, di antaranya seperti produk makanan dan minuman, pakaian tradisional, bibit tanaman, benih hortikultura dan tanaman pangan.

Selanjutnya produk seperti hewan ternak, suvenir, jasa keamanan dan kebersihan, mesin sarana pertanian dan perkebunan, serta produk-produk lainnya.

Saat ini, kata dia, Pemkab Aceh Tengah juga terus mendorong agar setiap pelaku UMKM di daerah itu dapat menayangkan produk-produk mereka pada e-Katalog lokal Pemkab Aceh Tengah.

"Apabila berminat dan ingin menayangkan produknya ke dalam e-Katalog Pemkab Aceh Tengah dapat menghubungi atau datang langsung ke Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Aceh Tengah, kita dengan senang hati mendampingi dan mengarahkan," ujarnya.

Baca juga: Presiden beri sanksi instansi belanja produk impor

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023