Singkil (ANTARA Aceh) - Jadwal penerbangan di Bandara Syeik Hamzah Fansuri Kabupaten Aceh Singkil yang semula ke Kualanamu, Sumatera Utara, mulai 2017 berubah ke Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM)  Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

"Keputusan tersebut berdasarkan Skep Kementerian Perhubungan dimana Bandara Syeikh Hamzah Fansuri Aceh Singkil yang bersubsidi tunduk dengan Bandara Cut Nyak Dhien, Kabupaten Nagan Raya," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Singkil, Edi Hartono di Singkil, Sabtu.

Keputusan itu juga berdasarkan evaluasi yakni penumpangnya terlalu kecil karena calon penumpangnya terlalu sedikit, tambah dia.

"Jadi, inisiatif pihak bandara melayani pelanggan yang selama ini bepergian rute Singkil-Medan maupun sebaliknya, mengajukan penerbangan secara komersil kepada perusahaan penerbangan Susi Air dan Wing Air yang selama ini beroperasi setiap hari Selasa pukul 14.00 WIB," jelas Edi.

Edi Hartono juga menyebutkan, Bandara Syeikh Hamzah Fansuri yang luasnya 49 hektare tahun anggaran 2017 mendapatkan dana dari APBA Provinsi senilai Rp1,8 miliar untuk pembangunan pagar pengaman run way dan merehab serta renovasi terminal.

Sementara, tambah Edi, kondisi maskapai penerbangan saat ini hingga pertengahan Februari 2017, belum beroperasi sama sekali, sebab sedang menunggu Skep dari Kementerian, karena pihak bandara tunduk dengan Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya.

Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017