Sebanyak 156 peserta dari berbagai daerah ikut meramaikan ajang bersepeda Road Bike Aceh Tour De Gayo 2023 di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. 

Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan melepas langsung start para peserta dari Hotel Parkside Petro Gayo Takengon untuk berpetualang mengayuh sepeda menempuh jarak sepanjang 90 kilometer.

"Semoga peserta menikmati keindahan pesona Tanoh Gayo dan selamat sampai tujuan serta dapat menyelesaikan etape Tour De Gayo 2023," kata T Mirzuan dalam sambutannya pada acara pelepasan, Sabtu. 

Baca juga: Ini cara Disbudpar Aceh, Promosikan Destinasi Wisata Sejarah

Tour De Gayo merupakan ajang sepeda Road Bike tahunan di Takengon sejak tahun 2019 untuk tujuan mempromosikan Takengon sebagai daerah wisata. 

Tahun ini merupakan kali keempat ajang ini digelar di Takengon dengan para peserta datang dari Banda Aceh, Medan, Jakarta, dan berbagai daerah lainnya. 

Para peserta menempuh rute bersepeda mulai dari start di Hotel Parkside Takengon menuju cek poin etape pertama di kawasan objek wisata Pante Menye dengan melintasi kawasan Danau Lut Tawar, kemudian cek poin etape kedua di depan Kantor Bupati Aceh Tengah menuju cek poin etape ketiga di kawasan pegunungan Bur Lintang dan kembali finis di Hotel Parkside Takengon. 

Walau menempuh rute melelahkan namun para peserta disuguhi keindahan panorama alam sepanjang perjalanan mulai dari track Danau Lut Tawar, pegunungan, dan lintasan perkebunan kopi arabica Gayo. Ditambah lagi dapat merasakan cuaca sejuk khas Dataran Tinggi Gayo. 

Selain itu Pj Bupati Aceh Tengah dan sejumlah kepala OPD juga mengikuti eksibisi fun bike dengan melintasi rute 10 kilometer di kawasan Danau Laut Tawar untuk ikut meramaikan kegiatan.

Baca juga: Ini cara ikutan Fun Bike Keliling Situs Sejarah di Banda Aceh

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023