Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh mendorong agar ekonomi syariah berjalan optimal dalam kehidupan masyarakat di daerah setempat.

"Kami berharap ekonomi syariah bisa berjalan dengan baik pada semua sisi kehidupan masyarakat Aceh," kata Ketua MES Aceh Aminullah Usman di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela membuka seminar edukatif asuransi syariah untuk masyarakat Aceh yang berlangsung di Aula Mahkamah Syariah Aceh, Banda Aceh.

Ia menjelaskan seminar yang berlangsung atas kerja sama PT SUN Life Financial Indonesia (Sun Life) dengan MES dalam rangka memberikan pemahaman komprehensif tentang nilai-nilai utama dan manfaat ekonomi dan asuransi syariah.

Menurut dia, selama ini di Aceh masih banyak lembaga keuangan yang non syariah, baik itu perbankan maupun asuransi, menjalankan usahanya di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu.

"Kami berharap kepada Pemerintah Aceh untuk mempercepat penegakan syariat Islam untuk berbagai aspek, tidak hanya pada bidang akidah," katanya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat mempercepat terwujudnya ekonomi syariah di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Ketua panitia penyelenggara Firdaus Adnan menyebutkan salah satu tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang perkembangan perekonomi syariah, baik di tingkat lokal maupun nasional.    
   
Chief Agency Officer Syariah Sun Life Financial Indonesia Norman Nugraha menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan pangsa pasar asuransi syariah, khususnya di Aceh.

Menurut dia data BPS Aceh menyebutkan jumlah penduduk usi produktif di Aceh lebih dari 2,1 juta jiwa. Hal ini menjadikan Aceh sebagai pasar yang menjanjikan dan berpotensi menciptakan peluang bisnis asuransi syariah bagi masyarakat.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017